free html hit counter

Lorenzo: Marquez Ubah MotoGP

BeritaBintang –   Juara MotoGP 2015, Jorge Lorenzo, memuji kompatriotnya yang membela Repsol Honda, Marc Marquez. Dia menyatakan, kedatangan The Baby Alien –julukan Marquez– mengubah jalannya balapan MotoGP.

Marquez adalah pembalap rookie paling sukses dalam sejarah MotoGP. Pasalnya, dia langsung menjadi juara di musim pertamanya mengikuti kelas primer yakni pada 2013. Kala itu, pembalap berusia 23 tahun ini bersaing sengit dengan Lorenzo sebelum menjadi juara.

Di musim keduanya yakni 2014, Marquez justru tambah perkasa dengan menjadi juara setelah mengumpulkan 362 angka, atau unggul 67 angka dari rival terdekat yakni Valentino Rossi. Hebatnya, saat itu MM93 mengklaim 10 kemenangan beruntun sejak seri pertama hingga GP Inggris.

“Kedatangannya (Marquez) merupakan kejutan besar untuk semua pembalap, sebab dia membawa cara balap yang baru. Dia membalap dengan sangat ambisius, baik dengan motor yang bagus atau buruk,” kata Lorenzo, seperti diberitakan Estadio Deportivo, Juma’t (18/12/2015).

Sayangnya, Marquez seperti anjlok begitu saja pada musim 2015. Kakak dari Alex Marquez tersebut mencatatkan retired atau gagal finis sebanyak enam kali dan hanya mengumpulkan 242 angka.

Kurang kompetitifnya motor RC213V versi 2015 disinyalir menjadi penyebab buruknya performa Marquez, sehingga dia mengganti dengan versi 2014 saat GP Belanda. Hasilnya pun berbuah manis, dia finis posisi dua lomba di TT Circuit Assen.