free html hit counter

Lima Tips Merawat Sepatu Kulit di Musim Hujan

BeritaBintang – Bagi Anda pencinta atau kolektor sepatu kulit, pasti tidak ingin sepatu mahal Anda mudah rusak dan mengelupas. Namun, hujan bisa menjadi malapetaka bagi sepatu kulit Anda. Nah, untuk menghindari hal tersebut, ketahui beberapa tips merawat sepatu kulit di musim hujan, seperti dilansir dari TaruhanBolaOnline berikut ini.

Biarkan sepatu kering secara alami

Jangan pernah lupa untuk membiarkan sepatu Anda kering secara alami. Ini adalah kunci menjaga kebersihan sepatu dan membuatnya tahan lama. Selain itu, jangan pernah membuat kesalahan dengan mengeringkannya menggunakan pengering rambut atau pemanas dengan suhu yang ekstrem. Hal ini membuat kulit pada sepatu retak. Keringkan sepatu secara alami atau menggunakan kipas angin pada suhu normal adalah cara yang terbaik.

Simpan baik-baik

Meskipun sepatu kulit mahal Anda mungkin tidak pernah digunakan pada musim hujan, mereka juga butuh perawatan. Baiknya simpan pada tempat yang nyaman untuk menghindarinya dari kerusakan berat. Jika Anda tidak menggunakan sepatu seperti biasanya, pastinya semuanya terbungkus dalam koran dan dalam lemari besar. Simpan di sebuah lemari kayu yang bisa menyerap kelembapan dari suhu. Untuk menghindari kelembapan, letakkan silica gel atau semangkuk soda bikarbonat dalam lemari kayu Anda.

Hilangkan jamur

Jika sepatu Anda berjamur, tidak perlu terburu-buru membuangnya. Memang sedikit sulit untuk merawatnya tapi bukan tidak mungkin Anda mengembalikan penampilannya seperti baru. Cara terbaik untuk menghilangkannya adalah dengan menyikat halus menggunakan sikat gigi. Anda harus pastikan tidak ada yang tersisa. Meskipun hanya sedikit, jamur itu bisa tumbuh kembali. Jadi bersihkan dengan benar dan keringkan secara alami.

Poles agar lebih mengkilap

Memoles sepatu tidak hanya menjaga kualitas tapi juga melindunginya dari kelembapan. Selain itu, sepatu yang mengkilap dan cerah memesona akan membantu meningkatkan penampilan. Anda bisa menggunakan kondisioner untuk kulit atau cat kulit yang mahal untuk mengisi minyak pada sepatu kulit. Idealnya, gunakan sedikit kondisioner pada kain katun yang lembut, gosokkan ke dalam sepatu dengan gerakan memutar.

Jangan biarkan basah dan berlumpur

Musim hujan adalah waktu untuk Anda merawat dan menjaga sepatu kulit dari kelembaban dan lumut. Jangan pernah biarkan lumpur menempel di bagian dalam sepatu Anda saat berjalan di bawah hujan. Lumpur yang mengeras setelah kering bisa semakin merusak sepatu. Pastikan Anda menyikat dan hilangkan lumpur sebelum mengering dan mengeras.