free html hit counter

Lima Atlet Top Dunia Penderita HIV/AIDS

BeritaBintang –Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) adalah suatu kondisi penurunan daya tahan tubuh yang disebabkan oleh Human Immunodeficiency Virus (HIV). Virus ini berpotensi mengancam kehidupan dan masih belum ditemukan obatnya.

HIV/AIDS tak memandang bulu. Siapa pun bisa terkena penyakit mematikan tersebut, tak terkecuali atlet.

Berikut adalah lima atlet top dunia yang diketahui mengidap HIV atau AIDS.

1. Magic Johnson

Pada 1991, Magic Johnson mengumumkan bahwa dirinya positif terkena virus HIV. Saat itu pula, ia memutuskan mundur dari panggung NBA.

Johnson sempat kembali tampil di NBA All-Star edisi 1992 dan memenangi gelar MVP alias pemain terbaik. Namun, lantaran menuai protes dari sesama pemain, pemilik lima cincin juara ini pensiun lagi untuk kali kedua.

2. Arthur Ashe

Arthur Ashe merupakan petenis putra andalan Amerika Serikat pada era 70-an. Kolektor tiga gelar juara Grand Slam ini diketahui tertular HIV sejak April 1988.

Virus tersebut didapat Ashe ketika menjalani transfusi darah saat menjalani operasi hati. Ia menyembunyikan penyakitnya sampai wafat pada 6 Februari 1993.

3. Tim Richmond

Pebalap NASCAR asal Amerika Serikat ini wafat pada 13 Agustus 1989 akibat AIDS. Jasad Tim Richmond dikremasi di Ashland, Ohio.

Richmond tertular virus HIV setelah bersetubuh dengan seorang wanita. Hal tersebut diungkapkan dokter pribadi sang pebalap, David Odson.

“Tidak ada yang tahu siapa wanita itu. Tim adalah selebriti dengan kharisma besar dan punya ketampanan. Dia bisa menggaet banyak wanita,” ucap Odson.

4. Tommy Morrison

Pada 1996, Tommy Morrison memutuskan pensiun dari dunia tinju profesional setelah dinyatakan positif terkena HIV. Seiring kesehatan yang semakin memburuk, mantan juara kelas berat ini meninggal dunia pada 1 September 2013.

Morrison mencatatkan 48 kemenangan, tiga kekalahan, dan satu kali seri dalam 52 pertarungan. Ia pernah menjadi bintang tamu dalan film Rocky 5 (1990).

5. Mike Beuttler

Dari lintasan F1, ada nama Mike Beuttler. Pebalap asal Inggris ini meninggal dunia di Amerika Serikat pada 29 Desember 1988.

Beuttler wafat setelah bertahun-tahun melawan penyakit AIDS. Ia meninggal pada usia 48 tahun.