free html hit counter

Lenovo Vibe P1 Turbo, si Bongsor yang Powerful

BeritaBintang – Lenovo kembali berinovasi, kali ini perusahaan asal Tiongkok tersebut menelurkan seri Lenovo Vibe P1 Turbo yang mengandalkan kemampuan baterai yang besar.

Lenovo Vibe yang dibanderol Rp3.999.000 sudah mulai beredar di pasaran sejak Februari lalu. Smartphone ini sudah disemati oleh fitur fingerprint dan NFC (near field communication).

Untuk lebih mengetauhi lebih lanjut mengenai Lenovo Vibe P1 turbo, Okezone merangkum pengujian handset ini.

Kelengkapan

Ketika Pengguna membuka box ponsel ini, selain tentunya ponsel Anda akan mendapatkan buku panduan, pengguna juga menemukan charging kit dan juga kartu garansi.

Selain itu, Lenovo juga cukup lengkap memberikan aksesoris pelengkap, seperti soft case dan layar anti gores. Uniknya lagi, terdapat Jack Charger On-The-Go yang semakin memperkaya pengalaman pengguna Lenovo Vibe P1 Turbo.

Desain

Bodinya yang gempal adalah pikiran pertama ketika Okezone memegang ponsel ini. Bagaimana tidak? ponsel ini berdimensi 152.9 x 75.6 x 9.9 mm dengan bobot 189 gram. Walaupun cukup lebar dan berat, ponsel ini tetap nyaman digenggam dalam segala kondisi permukaan tangan.

Material metal yang digunakan membuat ponsel ini terkesan mewah dan berkelas. Menilik dari sisi frame, Lenovo Vibe P1 Turbo memiliki tombol home fisik berbentuk kotak yang juga sebagai tempat fingerprint. Di sisi kanan terdapat tombol power dan volume, di sebelah kiri terdapat tombol battery saving. Bergeser ke atas, tedapat lubang jack 3.5 mm, sedangkan di bawah tersedia speaker dan port micro USB 2.0

Display dan UI

Dengan bentang layar 5,5 inci beresolusi Full HD 1.920 x 1.080 piksel, layarnya mampu memanjakan penglihatan tanpa khawatir membuat mata lelah.

Layarnya juga sudah dibalut Gorilla Glass 3 agar membuat layar tidak gampang tergores ketika disimpan dalam tas. Selain layarnya yang bening, Lenovo Vibe P1 Turbo menggunakan tampilan antarmuka VIBE UI berbasis Android 5.0 Lollipop. UI

(user interface) termasuk yang mudah digunakan karena tidak terlalu ribet dalam penggunaannya.

Prosesor & Performa

Lenovo Vibe P1 Turbo menjanjikan pengguna dapat melakukan multi-tasking tanpa perlu khawatir akan nge-lag. Hal ini dikarenakan penggunaan hardware yang mumpuni di dalamnya.

Ponsel ini menggunakan chipset Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615 Octa-Core 1.5 GHz, RAM 3GB yang dipasangkan dengan GPU Adreno 405.

Ketika diujicobakan untuk memainkan game, Lenovo Vibe P1 Turbo tidak terasa patah-patah. Okezone mencoba memainkannya dengan Asphalt Nitro, game berlangsung dengan lancar tanpa kendala.

Berdasarkan pengujian menggunakan Antutu Benchmark, Lenovo Vibe P1 Turbo mencetak skor 35554. Selain Hardware, salah satu keunggulan smartphone ini adalah daya tampungnya yang besar. Dibekali dengan memori internal 32 GB, sehingga pengguna dapat menyimpan foto dan video tanpa khawatir kehabisan memori.

Kamera

Lenovo Vibe P1 Turbo menggunakan kamera belakang berukuran 13 MP, dliengkapi dengan fitur PDAF (Phase Detection Auto Focus) dan dual-color LED flash. Kualitas fotonya cukup cerah bila ditempatkan di luar ruangan, sayangnya di kondisi minim cahaya, hasil gambarnya tidak terlalu memuaskan.

Di kamera depannya, Lenovo menyematkan kamera berukuran 5 MP bagi pengguna yang doyan selfie. Hasil fotonya cukup memuaskan, terbukti kameranya dapat menangkap detail kecil.

Fitur di sektor fotografi tidak boleh dikesampingkan. Selain fitur HDR yang membuat foto lebih hidup, terdapat beberapa filter foto yang menarik. Ditambah lagi fitur Fill Light yang membuat muka Anda Ketika selfie lebih cerah.

Baterai

Sektor penyimpanan daya memang menjadi fitur andalan Lenovo Vibe P1 Turbo. Dengan kapasitas baterai 5.000 mAH membuat ponsel ini dapat menyala lebih lama. Ketika Okezone mencobanya dalam keadaan mobil data menyala sambil bermain game, ponsel ini dapat dipakai seharian.

Fitur Lenovo Rocket Charge sangat berguna bila pengguna sedang sibuk. Ponsel ini dapat mengisi daya 100 % kurang dari 1,5 jam.

Fitur

Salah satu fitur yang paling menonjol tentunya adalah Finger Print. Fitur ini sangat mudah digunakan, pengguna cukup melakukan scan salah satu jari. Lalu sidik jari Anda dapat menjadi pembuka kunci.

Fitur finger print tersedia di tombol home. Ketika dicoba, fitur ini sangat responsif, dan tidak membutuhkan proses yang lama.

Fitur unik yang tersedia adalah NFC (near field communication). Dengan fitur ini, pengguna dapat melakukan pembayaran hanya dengan menggunakan ponsel ini.

Kelebihan

1. Proses charging cepat

2. Sensor fingerprint

3. Kapasitas baterai besar

4. Paket pembelian cukup lengkap

5. Mendukung game HD

Kekurangan

1. Suhu panas ketika di-charging

2. Kamera kurang maksimal