free html hit counter

Lampu Laser Bisa Ingatkan Pengendara Jarak Aman Berkendara

BeritaBintang –Menjaga jarak dengan kendaraan lain bertujuan agar pengendara punya kesempatan untuk menghindari kendaraan di depannya bila tiba-tiba melakukan pengereman secara mendadak.

Jarak antara satu kendaraan dengan kendaraan lain dihitung dalam satuan detik, bukan meter. Dan jarak idealnya adalah 3 detik. Cara mengetahuinya gunakan benda tak bergerak yang ada di depan kita sebagai patokan dan titik untuk memulai hitungan jarak dengan satuan detik.

“Cara menghitungnya dimulai saat buntut kendaraan yang ada di depan melewati titik atau patokan yang sudah kita tentukan hingga berakhir di bagian depan kendaraan kita menyentuk titik tersebut,” papar Hanafi, Instruktur Rifat Drive Labs, dikutip dari Gilamotor, Sabtu (19/3/2016).

Hanafi melanjutkan, hitungan dimulai dengan satu dan satu, satu dan dua, satu dan tiga. “Saat hitungan satu dan tiga berakhir, moncong kendaraan kita harus tepat ada di titik yang sudah kita tentukan. Itulah ideal menjaga jarak,” lanjut Hanafi.

Tapi tak semua orang mengerti cara menghitung jarak ideal dengan kendaraan lain. Wira Sentosa, owner SACS Speedglow, daerah Pondok Gede, Jakarta Timur punya lampu yang bisa mengingatkan kendaraan di belakang agar menjaga jaraknya. Lampu yang terinstal di bagian belakang dan menyorot ke tanah itu dijadikan sebagai pembatas jarak.

“Biasanya pengendara di belakang kita terlalu dekat dan jarang sekali untuk mengatur jarak kendaraan dengan yang lainnya. Untuk itu, kita ingatkan dengan sebuah lampu laser ini agar menjaga jarak,” papar Wira Sentosa.

Komponen ini berupa lampu laser infrared yang terdapat kaca pembiasan dari akrilik di dalamnya. Sehingga cahaya yang dikeluar akan membentuk sebuah garis di jalanan. Dengan itu, pengendara di belakang bisa memantau jarak kendaraannya.

Keunggulan lain dari lampu laser tersebut, ketika hujan turun atau jalanan basah. Sinar laser itu bisa membiaskan cahayanya jadi buyar atau memudar, sehingga pengendara lain bisa melihat kendaraan di depannya untuk mengatur jarak dan kecepatan. Selain itu tak bikin silau pengendara lain yang ada di belakang.