free html hit counter

Lahar Dingin Terus Meningkat, Warga Kaki Gunung Sinabung Diminta Waspada

BeritaBintangLahar Dingin Terus Meningkat, Warga Kaki Gunung Sinabung Diminta Waspada

MEDAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo, mengingatkan warga di sekitar kaki Gunung Api Sinabung, untuk meningkatkan kewaspadaan seiring dengan meningkatnya volume aliran lahar dingin di sekitar kaki gunung.

Tingginya curah hujan sejak beberapa hari terakhir membuat banyak material yang dimuntahkan gunung api, ikut terbawa air hujan yang mengalir.

“Belum berbahaya memang. Belum sampai ke pemukiman atau lahan pertanian warga. Tapi karena ada peningkatan (volume) kita minta agar masyarakat waspada dan sebisa mungkin menghindari kawasan aliran lahar dingin,” ujar Kepala Bidang Kedaruratan pada BPBD Kabupaten Karo, Natanail Peranginangin, Jumat Februari 2017 dini hari.

[Baca Juga -“Desmond Curiga Ada Sosok di Balik Layar Terkait Ahok“]

Selain material lahar dingin, menurut Natanail, warga juga diminta untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya banjir bandang, seiring banyaknya pohon yang tumbang di sekitar kaki gunung yang memiliki ketinggian 2640 meter di atas permukaan laut (MDPL) itu.

“Pohon tumbang juga terjadi di sekitar Kota Berastagi. Akibatnya sore hingga malam tadi terjadi kemacetan cukup parah di seputaran kota. Ini sedang proses evakuasi dan lalu lintas mulai lancar,” kata Natanail.