free html hit counter

Kumpulkan KTP di Singapura, Menkumham Minta Teman Ahok Jujur

BeritaBintang –  Dua pendiri Teman Ahok, Amalia Ayuningtyas dan Richard Handris Saerang, diamankan Otoritas Imigrasi Singapura lantaran diketahui akan mengelar agenda bernuansa politik di Singapura, pada Sabtu 4 Juni 2016.

Diduga mereka melakukan kegiatan politik dengan cara mengumpulkan dukungan lewat pengumpulan KTP kepada Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) untuk maju sebagai Gubernur DKI Jakarta 2017.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly mengatakan, Teman Ahok harus jujur jika maksud mereka ke luar negeri adalah untuk mengumpulkan dukungan.

“Ya di mana pun kita kan harus hargai hukum negara lain. Jadi sebelum berangkat itu kalau ada kegiatan kita cek dulu yang benar. Supaya jangan ada masalah seperti itu,” ujar Yasonna di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (7/6/2016).

Kendati demikian, mantan anggota Komisi II DPR RI tersebut menilai apa yang dilakukan oleh Otoritas Imigrasi Singapura sudah benar. Karena hal itu juga akan berlaku di Otoritas Imigrasi Indonesia, jika ada warga negara asing (WNA) datang ke Indonesia tidak sesuai tujuan visa.

“Ada juga yang kita deportasi langsung dari bandara. Misalnya visanya tidak sesuai visa enggak match,” pungkasnya.