free html hit counter

Korut Segera Tempatkan Peluncur Roket, Seoul Kian Terancam

BeritaBintang –Sehari berselang setelah dirilisnya video propaganda serangan misil Korea Utara (Korut) ke Seoul, Ibu Kota Korea Selatan (Korsel), negara yang dipimpin Kim Jong-un itu disebutkan bakal segera menempatkan MLRS (Multiple Launch Rocket System) 300 milimeter (mm).

Informasi ini bukan sekadar propaganda Korut lagi, melainkan sudah berupa ancaman yang diungkapkan Menteri Pertahanan (Menhan) Korsel, Jenderal (Purn) Han Min-goo.

Han menyatakan, Korut belum lama ini menjalani serangkaian tes terhadap roket 300 mm dan diyakini, akan segera menempatkan MLRS atau sistem peluncur roket 300 mm tersebut di akhir tahun ini.

“Menurut penilaian ini, saya rasa Korea Utara akan menempatkan sistem peluncur roket 300 mm sesegera mungkin di akhir tahun ini,” tutur Han, sebagaimana diwartakan Fox News, Kamis (7/4/2016).

Han juga menyatakan, Korut mampu memasok misil-misil balistik mereka dengan hulu ledak nuklir.

Merasa Seoul kian terancam, Han pun meneruskan laporan ini kepada Amerika Serikat (AS) yang kemudian, disusul respons Kapten Jeff Davis, juru bicara Pentagon (Kementerian Pertahanan AS).

“Kami belum melihat mereka (Korut) mendemonstrasikannya, jadi kami belum bisa bertindak atas laporan ini. Tapi kami menerima pernyataan mereka, di mana ancaman itu harus kami tanggapi dengan serius,” timpal Davis.