free html hit counter

KJRI Ho Chi Minh Kembalikan Anak WNI yang Diculik Ayahnya di Vietnam

BeritaBintang – Konsulat Jenderal RI di Ho Chi Minh, Vietnam, berhasil mengupayakan kembalinya CAW (5 th) ke pangkuan ibunya, Ela Herawati, Minggu (9/8/2015), yang diculik ayahnya berkewarganegaraan Amerika Serikat, Karl Leonhard Wrerner.

CAW dapat dikembalikan setelah perjuangan panjang yang dilakukan bersama KJRI Ho Chi Minh dan masyarakat Indonesia di Vietnam serta dukungan kepolisian setempat. Guna memastikan keamanan dan keselamatan mereka, saat ini CAW dan ibunya ditampung sementara di kediaman Konjen RI (Wisma Duta).

Mulanya karena kasus ini berlatarbelakang sengketa perdata, KJRI bersama polisi setempat terus upayakan penyelesaian melalui mediasi. Namun, Karl beberapa kali tidak menghadiri pertemuan dan tetap bersikeras untuk menahan CAW. Lantaran mediasi gagal, KJRI manfaatkan hubungan dengan Kemenlu dan Polisi setempat untuk menggunakan pendekatan lain.

“Kami meminta kepolisian Vietnam untuk mengembalikan CAW berdasarkan keputusan Pengadilan Jakarta Selatan yang memberikan hak asuh kepada Ela. Jika Karl keberatan dengan keputusan tersebut agar mengajukan banding di pengadilan di Indonesia. Tampaknya pendekatan tersebut dapat diterima oleh Kepolisian Vietnam,” kata Jean Annes, Konsul Jenderal RI Ho Cho Minh, Senin (10/8/2015).

Dijelaskan Jean, pihaknya saat ini tengah memproses administrasi kepulangan CAW dan Ela ke Tanah Air. Keduanya akan diterbangkan ke Jakarta setelah seluruh administrasi selesai.

Sementara itu, Kepolisian Vietnam akan terus mendalami kasus perampokan dan pencurian uang dan barang milik Ela yang dilakukan oleh Karl dan teman wanitanya yang warga setempat.

Menlu Indonesia, Retno LP Marsudi menyambut baik keberhasilan KJRI Ho Chi Minh ini. Meskipun kasus ini berlatar belakang perdata, dimana akses Perwakilan RI sangat terbatas, tapi KJRI sudah melakukan upaya terbaik untuk membantu WNI yang menghadapi permasalahan di luar negeri