free html hit counter

Kilas Balik Perjalanan 11 Tahun SNSD Berkarier di Industri K-Pop

Berita BintangKilas Balik Perjalanan 11 Tahun SNSD Berkarier di Industri K-Pop

Pada 5 Agustus 2018, grup besutan S.M Entertainment, yakni SNSD merayakan hari jadi mereka yang ke-11. Selama sebelas tahun berkarier, SNSD berhasil menjadi salah satu grup perempuan Korea yang mampu bertahan hingga sejauh ini.

Untuk merayakan hari jadi ke-11 salah satu grup perempuan terhebat milik Korea Selatan itu, mari kilas balik sedikit bagaimana perjalanan karier mereka selama 11 tahun ini.

SNSD debut pada tanggal 5 Agustus 2007 dengan lagu andalan Into The New World. Mereka debut dengan formasi anggota sebanyak sembilan orang, yang juga menjadikan mereka sebagai grup perempuan pertama dari Korea Selatan yang debut dengan formasi anggota yang sangat banyak pada masanya.

Bersama Into The New World sembilan perempuan itu berhasil menyabet penghargaan musik M Countdown pada Oktober 2007, hanya berselah 2 bulan setelah mereka resmi debut.

Tidak terlalu mulus, berjalanan karier SNSD mengalami tantangan yang cukup besar di tahun 2008. Pada acara Dream Concert, Taeyeon cs harus merasakan pengalaman pahit tampil di hadapan ribuan orang yang mematikan lightstick mereka.

Kejadian ini cukup terkenal dengan sebutan ‘ten minute black ocean’. Dan berhasil menjadikan kejadian ini salah satu pengalaman pahit yang tak bisa dilupakan oleh anggota SNSD.

“Waktu itu kami sedang mempromosikan album pertama kami Into The New World di Dream Concert, ada boikot 10 menit. Kami memulai penampilan kami dengan kegelapan dan kesunyian seperti tidak ada orang (yang menonton) di sana.” ujar Yoona pada acara Healing Camp empat tahun silam seperti yang dilansir dari Agen Bola Terbaik.

[ Baca Juga – ” Sooyoung ‘SNSD’ Digandeng James Lee Di Single Let’s Get Awaay ” ]

Karier SNSD seperti menemukan sebuah cahaya baru di tahun 2009. Bersama Gee, SNSD menjadi sangat terkenal dan menandakan karier serta langkah awal SNSD menjadi salah satu grup perempuan kebanggaan Korea Selatan.

Gee memenangkan banyak penghargaan dan menciptakan rekor sendiri bagi sang artis, seperti mendapatkan penghargaan Music Bank sebanyak 9 kali dalam sembilan minggu berturut-turut. Juga mendapatkan pengahargaan terbesar, yaitu Digital Daesang Award pada tahun 2009 dalam acara penghargaan Golden Disc Award.

Karier SNSD terus melonjak di tahun-tahun setelahnya, seperti ketika mereka mendapatkan penghargaan terbesar, yaitu Disk Daesang Award pada tahun 2010 dengan album andalan Oh!. Penghargaan yang satu ini cukup sulit untuk diraih oleh penyanyi atau pun grup wanita.

Bukan hanya berhasil di Korea, SNSD juga berhasil menarik perhatian dan hati penggemar di Korea. Sembilan perempuan itu pun sukses berkarier di negara lain seperti Jepang dan sempat juga sempat promosi album salah satu album mereka, The Boys, di Amerika Serikat pada tahun 2011.

Seperti sebuah hidup, ada masanya di mana kehidupan berada di atas dan di bawah. Begitupun yang dialami SNSD di tahun 2014. Di tahun tersebut mereka harus rela kehilangan satu anggotanya, yaitu Jessica yang memutuskan untuk berjalan sendiri di luar SNSD.

Walau begitu, Taeyeon cs terus bangkit untuk para penggemar. Di tahun yang sama, kedelapan anggota SNSD berhasil menyelesaikan konser pertama mereka di Tokyo Dome. Tempat yang menjadi impian mereka setelah debut di Jepang beberapa tahun sebelumnya. Selama satu hari konser di Tokyo Dome pada Desember 2014 itu, SNSD berhasil menggaet sebanyak lebih kurang 50 ribu penggemar.

Bangkit dari permasalahan yang ada di tahun sebelumnya, pada tahun 2015 SNSD melakukan comeback musik dengan album ke-5, yaitu Lion Heart, dengan lagu Party sebagai lagu prarilis dilanjut dengan promosi lagu Lion Heart serta You Think. Pada tahun itu SNSD berhasil mendapatkan penghargaan musik ke-100 mereka.

Di tahun 2017 SNSD berhasil menginjak angka 10 tahun dalam karier mereka. Kedelapan perempuan cantik itu melakukan comeback musik satu hari sebelum jatuhnya tanggal jadi mereka, yaitu pada tanggal 4 Agustus 2017 dengan album ke-6 yang bertajuk Holiday. Album tersebut menjadi sebuah ‘hadiah’ dari SNSD untuk SONE (sebutan penggemar SNSD) yang sudah ada bersama mereka sejak 10 tahun lalu.

Dan masuk sudah pada karier SNSD di tahun ke-11. Walau tiga anggota sudah tidak berada di agensi yang sama (baca: Tiffany, Sooyoung, Seohyun). Mereka hanya keluar dari S.M Entertainment, bukan SNSD. Jadi, para SONE masih bisa menunggu sewaktu-watu kedelapan anggota akan merilis album bersama-sama lagi.

Walau kedelapan anggota masih belum bisa bersama-sama, SNSD memastikan di tahun 2018 ini, tepatnya di tahun ke-11 mereka berkarier, SNSD akan mendebutkan unit grup terbaru untuk bertemu dengan para SONE. Jadi, jangan khawatir untuk para SONE di luar sana. Dan selamat ulang tahun, SNSD!