free html hit counter

Kian Banyak Pria Mengubah Tradisi Memakai Nama Belakang Istri

BeritaBintang – Setiap negara memiliki adat-istiadat sendiri yang mengatur pemakaian nama belakang keluarga. Namun, pada umumnya, begitu menikah seorang perempuan biasanya memakai nama belakang suaminya. Kini, tradisi pemakaian nama belakang suami untuk istri sepertinya sudah dianggap tidak relevan lagi bagi beberapa orang.

Seniman Italia Marco Perego mengubah namanya menjadi Marco Saldana ketika dia menikahi pemeran Avatar, Zoe Saldana. Nama belakang itu diakui Marco membuatnya lebih dikenal.

Demikian halnya dengan musisi rok Jack White yang lahir dengan nama Jack Gillis. Saat menikah, Jack mengambil nama belakang pengantin perempuannya, Meg White.

Para selebriti ini hanya segelintir dari orang-orang yang mengacaukan simpul tradisi pernikahan. James Cohen salah satu yang bergabung dengan jajaran orang-orang yang melanggar tradisi tersebut saat dia menikahi Sarah Talalay. Namanya sekarang menjadi James Talalay.

Dilansir dari Bintang Bola, lelaki 49 tahun yang berasal dari Miami itu berkata, “Pertama dan terpenting, ini adalah soal estetika. Dia (istrinya) memiliki nama belakang yang lebih baik.”

Artis asal Brooklyn, Carter Kustera (52), mendapatkan hal lebih dari sekadar kartu Jaminan Sosial baru saat dia menikahi Anna Kustera dan mengubah namanya dari Kevin Carter.

“Keluarga saya sangat menerima,” kata Carter. “Tapi keluarga istri saya sampai hari ini tidak dapat mengerti. Mereka sangat Eropa Timur yang memegang budaya bahwa perempuan harus memakai nama suaminya.”

Namun gesekan tersebut tidak menghentikan langkah dia dan sang istri meneruskan mana Kustera kepada putri kembar mereka yang kini berusia sebelas tahun, Gwenn dan Olivia. Tapi kedua anak perempuan mereka tetap memakai nama Carter sebagai nama tengah mereka.

Ilustrator Zach Weiners juga memutuskan menggabungkan nama belakang sang istri Kelly Smith menjadi Weinersmith. “Ada banyak Weiners, jadi jika dia (Kelly) memakai nama belakang saya, maka tidak akan menyelesaikan masalah,” katanya.

Bukannya bertukar nama, pasangan ini hanya menggabungkan nama mereka. Namun, hal yang paling membuat Zach senang adalah, hanya ada satu-satunya Weinersmith di Texas.

Istri mengambil nama belakang suami merupakan tradisi pada abad ke-15 di Inggris. Gagasannya adalah, pasangan yang menikah adalah satu orang yang melahirkan ahli waris.

Soal tradisi nama belakang ini, Zoe Saldana berkomentar, “Lelaki, kalian tidak akan lenyap ketika mengambil nama pasangan keluarga Anda. Sebaliknya, Anda akan diingat sebagai orang yang membuat perubahan. Saya tahu anak-anak kami akan menghormati dan mengagumi ayah mereka, lebih karena ayah mereka telah menjadi pemimpin dan memberikan mereka contoh.”