free html hit counter

Ketika Anak Bertanya tentang Terorisme

BeritaBintang –  Ledakan bom di Sarinah pagi tadi membuat warga Jakarta panik. Di tambah ancaman akan ada ledakan susulan dan serangan terhadap pengguna jalan.

Bagi para orangtua di rumah tentu khawatir dengan keadaan anak di sekolah dan bagaimana keselamatan buah hati di jalan ketika pulang nanti. Situasi dan kondisi mencekam pasti membuat anak bertanya-tanya tentang apa yang sedang terjadi. Anak-anak pasti mendengar tentang bom dan terorisme.

Lantas, bagaimana cara menjelaskan tentang terorisme pada anak? Seorang penulis parenting sekaligus ibu di Amerika Serikat, Julie Nelson mengatakan, orangtua harus menjelaskan sesuai usia anak.

“Anak usia sekolah membutuhkan informasi tidak sebanyak orang dewasa. Sebelum menjelaskan batasi anak mengakses media terlebih dahulu. Jangan ikut sertakan anak masuk dalam percakapan orang dewasa,” jelas Julie.

Sementara, pada anak usia remaja, mereka butuh penjelasan lebih. Maka, jadikanlah fakta dan tidak memihak. Akui kalau Anda sedih dan Anda bisa berbuat sesuatu untuk menghentikan terorisme.

“Jadilah faktual dan tidak memihak. Setiap anak membutuhkan orangtua yang dapat menjadi jangkar stabil di saat krisis. Ajarkan anak menjaga diri dan tidak panik ketika situasi mencekam,” Demikian dilansir Bioskopsemi , Juma’t (15/1/2016).