free html hit counter

Keseringan Main Sosial Media Bikin Hidup Makin Tak Bahagia

BeritaBintang – Media sosial adalah web yang berbasis pelayanan yang memberikan fasilitas pada Anda untuk membuat profil, melihat profil teman, dan mengundang orang lain untuk berteman dengan Anda.

Tak bisa dimungkiri media sosial menawarkan rasa seru tersendiri, tetapi Anda perlu tahu, keseringan menggunakan media sosial bisa mengubah karakter diri. Namun, bukan menjadi lebih baik, tapi sebaliknya. Berikut tiga cara media sosial buat hidup tidak lebih bahagia:

Komunikasi menjadi tidak masuk akal

Menurut Steven Strogatz, Expert Network Science dan Profesor, Cornell University, mengatakan efek samping dari terlalu sering bermain media sosial adalah Anda tak bisa lagi membedakan komunikasi yang nyata dan maya.

Memang baik untuk menjaga komunikasi dengan teman lama yang kembali bertemu melalui dunia maya. Namun, Anda jangan sampai terbuai dengan hubungan pertemanan yang hanya sebatas melempar pesan. Sebab, cara tersebut akan menurunkan kemampuan sosial di lingkungan sekitar.

Menurunkan kepercayaan diri

Selain untuk mencari teman dan berkomunikasi, media sosial juga merupakan tempat untuk ajang pamer momen liburan dan pencapaian dalam karier. Nah, hal-hal yang demikian bisa membuat Anda jadi membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

“Media sosial pada dasarnya bisa membuat orang jadi membanding-bandingkan,” terang Ramai Durvasula, Profesor, California State University.

Anda lebih sering menghakimi hidup orang lain

Rasa percaya diri yang luruh tersebut membuat Anda semakin tak puas dengan diri sendiri. Alhasil, Anda pun berpikiran negatif dengan orang lain. Nah, sikap seperti ini tentunya sangat merugikan, karena Anda jadi merasa bahwa segala hal pada hidup Anda berjalan tidak sesuai harapan. Padahal, seperti kita ketahui, apa yang Anda anggap tak berarti bisa jadi permata untuk orang lain.