free html hit counter

Kereta Bandara, Proyek yang Bisa Jadi Inspirasi BUMN Lain

BeritaBintang –  Kereta Bandara, Proyek yang Bisa Jadi Inspirasi BUMN Lain

Presiden Joko WIdodo dijadwalkan akan meresikan langsung pengoperasian kereta Bandara Soekarno Hatta hari ini. Dengan begitu, secara otomatis kereta Bandara Soekarno Hatta sudah mulai beroperasi secara komersial.

Tak hanya meresmikan, Presdien Joko Widodo juga dijadwalkan akan menandatangani prasasti. Prasasti tersebut, nantinya akan dikhususkan untuk warga yang lahannya terkena dampak pembangunan Kereta Bandara Soekarno Hatta.

Menanggapi hal tersebut, Pengamat Transportasi dari Masyarakat Transportasi Indonesia Djoko Setijowarno mengaku apa yang dilakukan oleh pemerintah merupakan langkah yang positif. Karena, pemerintah juga ikut peduli terhadap warga yang terdampak pembangunan kereta bandara Soekarno Hatta.

“Gini, yang jelas (rencananya) Presiden Jokowi menandatangani prasasti untuk warga yang kena lahannya jadi ganti untung dengan dibuatkan prasasti,” ujarnya saat dihubungi Casino Online.

Lebih lanjut Djoko mengatakan, bentuk ganti rugi tersebut nantinya akan dilakukan dalam beragam caranya. Seperti dengan memberikan uang cash ataupun bisa juga dengan menarik anggota keluargnya untuk menjadi pegawai di Kereta Bandara.

[Baca Juga -“Kantor Polsek Bontoala Dilempar Bom, Kapolsek jadi Korban“]

“Jadi, selain dapat ganti lahan juga ada kesempatan bekerja di PT KAI. Bisa jadi model ini menjadi cara baru untuk menarik simpati pemilik lahan untuk melepas tanahnya. Tapi setelah lahan terjual, masih bisa bekerja di perusahaan yang membeli lahan mereka,” katanya.

“Model ini dapat diterapkan untuk proyek-proyek pemerintah yang lain. Menjaga keseimbangan, mengurangi kecemburuan sosial,” tambah dia.

Jika hal tersebut bisa terwujud lanjut Djoko, hal tersebut merupakan hal pertama yang dilakukan oleh perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Bahkan hal tersbut bisa menjadi percontohan bagi para perusahaan BUMN lainya. “Ini bagus kalau bisa terealisasi. Ini BUMN pertama yang melakukan hal tersebut,” ucapnya

Sebagai informasi sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan kereta bandara Soekarno Hatta akan segera beroperasi pada awal tahun atau tepatnya 2 Januari 2018. Hal tersebut menjawab kepastian mengenai pengoperasian kereta bandara yang sempat tertunda beberapa waktu lalu.

Menurut Budi, pada tanggal tersebut, kereta bandara Soekarno Hatta akan di resmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Menurut Budi, nantinya pihaknya akan menyerahkan seluruhnya pada PT KAI selaku regulator dalam pengoperasian awal.