free html hit counter

Kenali Gejala dan Tipe-Tipe Gangguan Bipolar

BeritaBintangKenali Gejala dan Tipe-Tipe Gangguan Bipolar

Anda tahu gejala dari gangguan bipolar? Terkadang lingkungan tidak menyadari adanya gejala bipolar pada seseorang. Misalnya mood swing. Gejala-gejalanya justru dipandang sebagai hal yang biasa dan bukanlah masalah yang serius,

Dikatakan oleh dr AAA Agung Kusumawardhani, SpKJ (K), psikiater sekaligus Kepala Departemen psikiatri RSCM, bipolar biasanya ditandai dengan adanya periode perpindahan mood. Selain itu, pikiran, energi, dan perilakunya pun berubah dengan cepat. Terdapat sekira ada 1.2 persen gangguan bipolar di dalam populasi.

Melihat fluktuasi mood atau episode, dr Agung menyebutkan dua jenis gangguan bipolar, yakni gangguan bipolar 1 dan gangguan bipolar 2.

“Gangguan bipolar 1 apabila seseorang mengalami episode depresi dan rentang waktu tertentu mengalami episode manik,” terang dr Agung di kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat, Kamis 30 Maret 2017.

Sementara, tipe gangguan bipolar 2 tidak pernah mengalami mania, melainkan hipomania dan depresi berulang beberapa kali.

[ Baca Juga – Minum Jus Apel Pagi Hari Baik Sebagai Detoksifikasi ]

Dalam kedua tipe bipolar terdapat gangguan psikotik. Dr Agung menjelaskan psikotik terjadi seseorang mengalami kemampuan penilaian realitas terganggu.

“Jadi, gangguan bipolar bisa mengalami psikotik pada gangguan mania. Ia merasa dirinya menjadi presiden, halusinasi, atau merasa paling hebat,” kata dr Agung.

Pada episode depresi, gangguan psikotik terjadi ketika orang dengan gangguan bipolar merasa dunia sudah tidak ada harapannya dan sama sekali tidak ada jalan keluar.

Lantas, darimanakah gangguan bipolar ini berasal? Dr Agung mengatakan bahwa tidak semua orang memiliki “bakat” gangguan bipolar. Gangguan bipolar masih diduga adanya keterkaitan gen.

Dr Agung mengatakan, gangguan bipolar ditemukan 60-65 persen ketika ada riwayat keluarga yang mengalami masalah serupa. Namun, ia berujar bahwa sampai sekarang belum ada penelitian yang dapat membuktikan adanya gangguan genetik sebagai faktor pemicu gangguan bipolar.