free html hit counter

Kemeriahan Imlek di Solo

BeritaBintang –    TAHUN baru Imlek di Solo berlangsung meriah. Kemeriahan bertambah sebelum pukul 00.00 WIB ratusan kembang api di lontarkan ke udara.

Ribuan masyarakat Solo mulai dari titik nol kilometer hingga depan Pasar Gede, rela berdesak-desakan untuk melihat dari dekat pesta kembang api.

Kemeriahan malam pergantian tahun baru semakin bertambah dengan digelarnya pentas musik di panggung terbuka yang digelar di depan Pasar Gede. Tak hanya itu saja, atraksi barongsai dan Liong menambah kemeriahan malam pergantian tahun.

Panitia malam pergantian tahun baru Hendry Susanto mengatakan kemeriahan pergantian tahun baru ini tak hanya sekedar kemeriahan saja yang ditonjolkan.

Namun, ada harapan di tahun kera ini agar semua keinginan dan harapan semuannya bisa berjalan lancar.

“Mudah-mudahan di tahun Kera ini semuannya berjalan lancar seperti yang diharapkan. Juga kegiatan-kegiatan ekonomi yang agak berkurang bisa lebih baik ditahun kera ini,” jelas Hendry Susanto saat ditemui Beritabintang.

Sementara itu berbeda dengan tahun lalu, pada tahun ini, perayaan malam tahun baru, Pemkot Solo memberlakukan Car Free Night.

Dimana sejumlah ruas jalan seperti Simpang Empat Jensud, Simpang Tiga Denpom, Simpang Tiga Utara Pasar Gede yang melintasi jalan Urip Sumoharjo, serta yang melalui jalan Suryopranoto, Simpang empat warung Pelem dan simpang Empat PTPN ditutup.

Penutupan dilakukan setelah di ruas jalan tersebut sudah mulai terlihat adanya massa yang mulai memadati kawasan tersebut.

Agar tak menimbulkan kesemrawutan terutama parkir, pihak Pemkot Solo pun menyediakan lokasi parkir di Benteng Vastenburg, eks SPBU Loji Wetan, Balaikota, kawasan parkir Pasar Gede di jalan Urip Sumoharjo, jalan Arifin.

Tak heran, bila banyak warga masyarakat yang merasa puas dengan pagelaran Imlek. Seperti pengakuan dari Windi Bawandi warga Jaten, Karanganyar yang mengaku perayaan Imlek di Solo ini, tak jauh berbeda dengan perayaan Imlek di Singapura.

“Saya sering menikmati pergantian tahun baru Imlek di Singapura. Imlek di Solo, sama dengan di Singapura. Ada banyak lampion, pesta kembang api, lampion terbang dan ornamen merah khas Tiongkok,” pungkasnya.