free html hit counter

Kemenangan Perdana Polandia di Piala Eropa

BeritaBintang – Polandia akhirnya meraih kemenangan pertamanya di putaran final Piala Eropa, setelah pada dua edisi sebelum ini selalu jadi bulan-bulanan.

Kemenangan yang sudah dinantikan itu lahir ketika menghadapi Irlandia Utara di Allianz Riviera, Nice, Minggu (12/6/2016). Polandia menang 1-0 berkat gol tunggal Arkadiusz Milik di menit ke-51.

Dikutip Bintangbola.co gol Milik, yang kini dicatat BBC sebagai pencetak gol termuda Polandia di ajang Euro (pada usia 22 tahun dan 104 hari), menjadi momen bersejarah untuk Bialoczerwoni. Berkat gol itu Polandia meraih kemenangan pertamanya di Piala Eropa.

Kemenangan pertama Polandia di ajang Piala Eropa ini sendiri diraih setelah menundukkan Irlandia Utara yang merupakan salah satu tim debutan di Euro.

Sebelumnya, Polandia sudah dua kali ikut serta dalam perhelatan pesta sepakbola antarnegara se-Eropa tersebut, yakni pada 2008 dan 2012. Keduanya-duanya dilewati Robert Lewandowski cs tanpa satu pun kemenangan.

Di Euro 2008, Polandia secara berurutan kalah 0-2 dari Jerman, berimbang 1-1 dengan Austria, dan kalah 0-1 dari Kroasia. Polandia saat itu tersingkir sebagai juru kunci akibat kalah selisih gol dari Austria yang sama-sama cuma meraih 1 poin.

Di Euro 2012, Polandia secara berturut-turut bermain seri 1-1 dengan Yunani, juga berimbang 1-1 lawan Rusia, sebelum akhirnya tunduk 0-1 dari Republik Ceko. Polandia ketika itu juga tersingkir sebagai juru kunci.

Artinya, butuh tujuh pertandingan buat Polandia sebelum akhirnya berhasil juga meraih kemenangan pertamanya di putaran final sebuah Piala Eropa.