free html hit counter

Kedutaan Australia di Irak Ditembaki, Satpam Kontrak Tewas

BeritaBintang –Kedutaan Besar Australia di Baghdad, Irak ditembaki orang tidak dikenal. Akibatnya, satu orang satuan pengamanan (satpam) tewas. Insiden tersebut dikonfirmasi oleh Departemen Urusan Luar Negeri dan Perdagangan Australia.

“Pemerintah berduka cita terhadap keluarga yang ditinggalkan dalam insiden tersebut. Kami siap memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh pihak keluarga. Kami siap melakukan investigasi atas insiden tersebut,” tulis pernyataan pihak Australia, seperti dimuat The Guardian, Minggu (15/5/2016).

Satpam tersebut merupakan pegawai kontrak dari Unity Resources Group yang menyediakan jasa keamanan kepada pihak kedutaan. Namun, pihak kedutaan tidak merilis nama korban yang diketahui berusia 34 tahun itu.

Departemen Urusan Luar Negeri dan Perdagangan pada Februari 2016 pernah membantah tuduhan diplomat Negeri Kanguru di Baghdad dijaga oleh jasa keamanan dengan bayaran rendah. Kepala Departemen tersebut, Peter Varghese, mengatakan kepada Senat bahwa tuduhan itu tidak akurat dan salah sasaran.

Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull menolak berkomentar mengenai insiden tersebut. Sedangkan Menteri Luar Negeri Julie Bishop baru akan mengeluarkan pernyataan terkait insiden tersebut pada Minggu (15/5) siang waktu setempat.