free html hit counter

Kecipir, Sayuran Khas Indonesia yang Mulai Langka

BeritaBintangPERNAH mendengar kata kecipir? Sayuran ini mungkin tak asing untuk orang-orang tua Anda karena dulu ketersediaannya berlimpah. Tapi kini? Tak banyak anak muda yang tahu apa itu kecipir. Jangankan rasanya, bentuknya pun jarang terlihat di pasaran.

Kecipir adalah salah satu sayuran khas Indonesia, sayuran berwarna hijau dengan bentuk yang khas ini kerap dimanfaatkan sebagai bahan pangan yang bisa dinikmati dengan berbagai teknik olahan. R. K. Widyastuti selaku kitchen coordinator Alun-alun Indonesia mengatakan saat ini kecipir sudah sangat jarang ditemui bahkan menjadi salah satu sayuran yang langka.

“Mau dapat kecipir itu harus berantem-berantem. Rebutan dapatnya karena saking susahnya sekarang kecipir,” kata perempuan ramah yang akrab disapa Oma ini di Jakarta.

Oma juga mengatakan sekarang banyak restoran yang menghadirkan menu kecipir namun tidak diimbangi dengan jumlah produksi dari petaninya. “Kami ada menu kecipir itu dari awal buka di 2007 dan selalu konsisten menghadirkan kecipir. Tapi sekarang banyak restoran lain yang ikut-ikutan ada menu kecipir jadi buat dapat kecipir itu susah. Banyak yang mau tapi di lapangan enggak ada sayurnya,” lanjut Oma yang juga bertanggung wajib di kitchen restoran Palalada Jakarta.

Kecipir sendiri bisa dinikmati dalam berbagai olahan misalnya tumis kecipir, urap kecipir, sebagai campuran gado-gado ataupun dimakan langsung bersama sambal sebagai lalap.