free html hit counter

Kebiasaan Ini Bisa Membuat Lelah Sepanjang Hari

BeritaBintang – Buat mereka yang merasa lelah seharian, itu bukan sepenuhnya karena tidur malam yang kurang nyenyak.

Buat mereka yang merasa lelah seharian, itu bukan sepenuhnya karena tidur malam yang kurang nyenyak. Ada beberapa hal yang ternyata menjadi penyebab seseorang bangun dengan kelelahan. Uniknya, alasan ini muncul sebelum seseorang meninggalkan rumah untuk beraktivitas.

1. Menghabiskan waktu lebih banyak di tempat tidur untuk melihat ponsel

Bukan lantas ponsel menjadi penyebabnya, tapi menghabiskan waktu lebih banyak di tempat tidur yang menjadi masalah. “Tempat tidur dimaksudkan untuk satu hal utama, yakni tidur. Jika tinggal di tempat tidur, kemudian membuat pikiran dan perasaan tetap bekerja, padahal sudah waktunya tidur,” kata Raj Dasgupta, MD dari American Academy of Sleep Medicine seperti dilansir dari Indowins.co, Sabtu (16/4/2016).

Buruknya lagi, katanya, jika setelah melihat ponsel di tempat tidur dan kembali tidur. Saat melihat ponsel di tempat tidur, tanpa terasa waktu berjalan cepat.

Dari hanya 10 menit berubah menjadi satu jam. Jadi saat bangun dari tidur akan membuat lebih terasa lelah sepanjang hari. Alasan utama adalah kurangnya istirahat dan kurang menutup mata.

2. Dehidrasi

Ada alasan saat bangun pagi dengan napas bau, yakni dehidrasi. Ketika tidur, tubuh terus menyerap air yang diminum pada siang hari.

Itu berarti Anda akan (idealnya) sekitar delapan jam tanpa pengisian pasokan air. Jika dehidrasi, maka tingkat energi akan berkurang.

Penelitian dari University of Connecticut Laboratorium Kinerja Manusia menunjukkan, bahwa dehidrasi ringan membuat Anda lelah dan mudah marah. Untuk itu, disarankan minum sebelum tidur.

3. Mandi air panas sebelum tidur

Air panas untuk mandi, dapat mengendurkan otot, menghilangkan stres dan membuat tidur. Sebenarnya, menurut Dasgupta, justru sebaliknya.

Saat tertidur, suhu tubuh inti turun menjadi sekitar 60° F. Jadi, dengan mandi air panas di malam hari, adalah sejenis berolahraga di malam hari.

“Ini bukan ide yang baik, karena meningkatkan suhu tubuh inti, sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk mendinginkan dan melemaskan otot untuk tidur,” ujar Dasgupta. Di sisi lain, katanya, mandi air hangat di pagi hari dapat meningkatkan suhu tubuh dari kondisi dingin saat tidur. Kondisi ini justru dapat membuat tubuh menjadi lebih hangat, berenergi, dan sepenuhnya terjaga.

Sebaliknya, sebuah penelitian awal menunjukkan, bahwa mandi dengan air dingin dapat meningkatkan mood pada orang yang depresi. Bahkan, berenang di saat cuaca dingin justru dapat mengurangi kelelahan.