free html hit counter

Kayu Hitam Sonokeling, Bahan Furnitur Khas Jawa yang Tersohor di Mancanegara

BeritaBintang –  Kayu Hitam Sonokeling, Bahan Furnitur Khas Jawa yang Tersohor di Mancanegara

KEAWETAN kayu hitam kerap disetarakan dengan kayu jati, warnanya gelap dengan tekstur seratnya yang unik. Inilah yang menjadi daya tarik kayu sonokeling.

Indonesia dengan kawasan hutan tropisnya yang cukup luas merupakan salah satu negara penghasil kayu keras berkualitas tinggi yang tersebar di dunia. Selain jati yang namanya sudah tersohor di mancanegara, terdapat beberapa jenis kayu lain yang tidak kalah bagus, salah satunya sonokeling. Kayu ini dihasilkan dari pohon sonokeling atau sanakeling dengan nama latin Dalbergia latifolia roxb.

Dalam sistem kekerabatan tanaman, sonokeling termasuk anggota dari keluarga Judi Online. Sedangkan, dalam perdagangan internasional, kayu ini memiliki nama lain Indian rosewood, Bombay blackwood , atau Java palisander (Inggris). Di Jawa, kayu ini dikenal sebagai sonobrit dan sonosungu atau kayu hitam.

“Keberadaan kayu sonokeling memang tidak sepopuler jati. Namun, bukan berarti kualitasnya kalah kelas dengan jati. Kayu ini memiliki banyak keunggulan yang tidak dipunyai kayu lain. Keunggulan utamanya terletak pada serat dan tekstur kayunya,” ungkap arsitek Rizky Artando.

{ Baca Juga, ” Ketakutan Marc Marquez Jelang Balapan MotoGP Jepang ” }

Serat dan tekstur kayu sonokeling tergolong indah dan bernilai dekoratif. Tekstur kayunya cukup halus dengan arah serat lurus dan kadang kala berombak. Menurut Yohanes Natupali dari Magenta Supplies, produsen furnitur berbahan kayu sonokeling, kayu sonokeling berada di kelompok kayu indah kelas satu, hampir sama dengan kayu jati.

Artinya, kedua kayu ini memiliki keindahan yang setara. Keindahan kayu sonokeling juga didukung warnanya yang unik. Bagian tengah kayu berwarna cokelat ungu tua dengan garis-garis berwarna lebih tua sampai hitam. Coraknya yang unik inilah yang menjadikan kayu sonokeling banyak digemari pembuat furnitur maupun handicraft berkelas tinggi. Furnitur yang dibuat menggunakan kayu ini akan terlihat mewah dan menarik.

“Kayu sonokeling juga tergolong kayu keras dengan bobot sedang hingga berat. Sebagai kayu keras, berarti kayu ini memiliki pori-pori yang rapat sehingga tidak mudah lapuk atau tidak selunak kayu randu atau kayu kapuk dan sejenisnya.

“Berat jenisnya 0,77-0,86 pada kadar air sekitar 15%,” beber Yohanes.

Meski tergolong kayu keras, kayu sonokeling cukup mudah diproses, seperti di potong, digergaji, diukir, dan diampelas. Karakter ini juga yang menjadikan kayu sonokeling cocok dan banyak digunakan sebagai bahan baku berbagai produk olahan kayu dengan kualitas bagus. Tidak hanya itu, sonokeling termasuk kayu yang sangat awet. Berdasarkan klasifikasi keawetannya, kayu ini berada satu kelas dengan kayu jati, yaitu kelas awet satu atau sangat awet.