free html hit counter

KALEIDOSKOP 2016: 10 Destinasi Wisata ‘Bali Baru’ yang Jadi Perhatian

BeritaBintangINDONESIA bukan hanya Bali saja. Ada banyak daerah indah dan kaya budaya yang patut dilihat seluruh dunia. Salah satu harapan tersebut membuat pemerintah mulai 2016 ini memprioritaskan pembangunan pariwisata di 10 daerah di Indonesia yang disebut “Bali Baru”.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun menargetkan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) untuk datang ke destinasi “Bali Baru” tersebut sampai 2019. Lalu daerah mana saja “Bali Baru” 2016 tersebut? Berikut daftarnya yang dikumpulkan Judi Online, selama 2016 ini.

Danau Toba, Sumatera Utara

Danau Toba adalah danau vulkanik terbesar kedua di dunia sesudah Danau Victoria di Afrika, menarik wisatawan akan lebih mudah. Danau berukuran 100 kilometer dan lebar 30 kilometer dengan Pulau Samosir di tengahnya juga didukung oleh banyak potensi keindahan alam dan budaya.

Danau ini pernah menjadi primadona pariwisata di Indonesia dan menjadi destinasi favorit turis asing selain Bali, pada tahun 90an. Setelah sempat turun pamor, pariwisata Danau Toba akan digairahkan kembali dan didorong untuk berkontribusi menarik 1 juta wisman.

Tanjung Kelayang, Bangka Belitung

Berkat kepopuleran film Laskar Pelangi, pemerintah pun tertarik untuk mendukung Belitung dengan Tanjung Kelayang sebagai “Bali Baru”. Keindahan pantainya, seperti Pantai Tanjung Tinggi dan Pantai Tanjung Kelayang sendiri telah menyedot banyak wisatawan datang ke sana karena gugusan batu granit yang diakui UNESCO sebagai kawasan wisata geopark.

Jika Anda ke sana, tidak hanya pantainya saja yang perlu ditengok. Bukit Marah dan Matras, Bukit Berahu, keindahan air terjun, danau kaolin adalah keindahan alam lainnya yang bisa Anda nikmati di Bangka Belitung.

Tanjung Lesung, Banten

Terletak di ujung barat Pulau Jawa, Tanjung Lesung di Banten bisa menjadi lokasi untuk menemukan “Bali Baru”. Di sana Anda bisa mencoba berbagai olahraga dan hiburan air seperti snorkeling, diving, mengayuh kano, jet ski, mencoba banana boat, memancing, dan lain-lain.

Untuk mendukung dan meningkatkan pariwisata di sana, berbagai festival sering diadakan di sana dan pantai-pantai sekitarnya. Yang tak kalah menarik dari tempat ini jelas adalah pemandangan matahari tenggelamnya di sore hari.

Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

Jauh dari kerumitan di sebagian besar wilayah Jakarta, daerah ini menawarkan suasana berbeda untuk warga Jakarta. Tapi, tidak hanya warga Ibukota, wisatawan domestik lainnya bahkan wisman diharapkan mampir ke Kepulauan Seribu yang memiliki banyak pilihan pulau untuk berwisata.

Baca Juga, “Yuk, Kenali Sisi Unik Natasha Mannuela, sang Juara Ketiga Miss World 2016”

Di sana Anda bisa dihantarkan untuk mencoba olahraga air dan mencoba permainan air. Jika Anda senang belajar sejarah, beberapa pulau seperti Pulau Onrust bisa didatangi untuk Island hopping ke pulau-pulau indah lainnya. Pulau Pramuka, Pulau Bidadari, Pulau Togean, Pulau Macan, adalah beberapa pulau terkenal yang perlu Anda temukan.

Candi Borobudur, Jawa Tengah

Candi Borobudur kini mendapat perhatian besar dari pemerintah, sehingga berhasil mendapat penghargaan destinasi pariwisata dengan indeks pariwisata terbaik akhir 2016 ini. Candi umat Buddha yang terletak di Magelang ini, selain menjadi destinasi wisata juga masih menarik penganut Buddha yang ingin berwisata religi, khususnya di Hari Peringatan Waisak.

Gunung Bromo, Jawa Timur

Gunung Bromo yang masuk dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memang telah menyedot banyak wisman untuk berdatangan karena keindahan alamnya. Penampakan gunung berapi, gurun pasir, lembah dan ngarai yang indah, Sunrise menakjubkan adalah yang dicari wisatawan selama ini.

Masyarakat di Gunung Bromo sendiri juga rutin mengadakan festival Yadnya Kasada setiap setahun di tanah dengan ketinggian hampir 3.000 mdpl tersebut. Karena kepopulerannya, pemerintah memasukkan daerah wisata pegunungan ini sebagai “Bali Baru”.

Mandalika Lombok, Nusa Tenggara Barat

Sebagai tetangga dari Pulau Bali, Lombok adalah daerah yang paling menjadi perhatian untuk menarik wisatawan yang masih berminat dengan Bali. Daerah Mandalika, di Mataram, Lombok kini menjadi fokus pemerintah untuk terus dikembangkan.

Mandalika diambil dari nama seorang putri kerajaan Suku Sasak, yaitu Putri Mandalika, yang kisahnya kini diabadikan dalam bentuk monumen atau festival-festival yang banyak diadakan pemerintah setempat, salah satunya untuk menarik wisatawan.

Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

Pulau di antara Pulau Sumbawa dan Pulau Flores yang terpisah oleh Selat Sape menjadi rumah bagi reptil tertua di dunia. Selain karena daya tarik hewan tersebut, pulau dan daerah di sekitarnya juga digandrungi wisatawan dan menjadi spot liburan paling kekinian.

Taman Nasional Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Siapa yang tidak pernah mendengar Taman Nasional Wakatobi? Taman nasional terbesar di Indonesia yang mengkhususkan diri pada keindahan dan keanekaragaman hayati laut ini memang begitu berharga.

Kepulauan dengan empat pulau besar, yaitu Kaledupa, Tomia, Wangi-wangi, dan Binongko, adalah surga bagi pecinta olahraga air dan segudang kegiatan menarik lainnya.

Pulau Morotai, Maluku Utara

Derah ini adalah salah satu pulau paling utara di Indonesia dan merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Halmahera Utara. Keindahan alam dan peninggalan sejarah dari Perang Dunia II membuatnya begitu menyita perhatian.

Kegiatan hopping island dari pulau ke pulau bisa dilakukan sambil diselingi olahraga air. Ada Pulau Zum-Zum, Kolorai, Kokoya, Gusung Pasir, Pulau Dodola, Gal-Galo, Ngele-Ngele kecil, Pulau Raw, Tobelo, Pulau Kakara, Pulau Pawole, Pulau Komo, yang bisa Anda bandingkan keindahannya dengan Pulau Bali.