free html hit counter

Kabulkan Permintaan Afghanistan, Obama Batal Tarik Pasukan

BeritaBintang – Pemerintah Afghanistan meminta kepada Amerika Serikat (AS) membatalkan penarikan pasukan. Permintaan itu pun dikabulkan Presiden AS Barack Obama.

Obama mengatakan akan mempertahankan pasukan sebanyak 9.800 orang tersebut hingga akhir 2015. Namun, orang nomor satu di AS tersebut tetap menargetkan penarikan pasukan AS dari Afghanistan akan selesai pada 2017.

“Hal ini adalah keputusan saya sebagai panglima bahwa masuk akal jika kita memberikan beberapa bulan tambahan agar kita dapat membantu dalam beberapa hal misalnya logistik,” kata Obama dalam konferensi pers bersama dengan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani di Gedung Putih.

Meski begitu, Obama menegaskan perkiraan waktu penarikan seluruh pasukan AS dari Afghanistan tidak akan berubah meskipun penarikan itu sendiri diperlambat.

“Tenggat waktu bagi kita untuk menyelesaikan seluruh penarikan tidak akan berubah. Pemberian tambahan jangka waktu selama waktu konflik agar kita dapat membantu Afghanistan sangat pantas,” lanjut Obama, seperti yang dikutip beritabintang, Rabu (25/3/2015).

Dia juga mengatakan kecepatan penarikan pasukan AS dari Afghanistan pada 2016 akan disesuaikan pada tahun ini.

Pada rencana sebelumnya pasukan AS di Afghanistan akan dikurangi hingga setengahnya menjadi di bawah jumlah 10.000 personel pada akhir 2015. Tapi, pejabat AS mengatakan perbaikan hubungan AS dengan Pemerintah Afghanistan memberikan pengaruh baik bagi peninjauan rencana tersebut.

Pasukan AS di Afghanistan akan tetap ditempatkan di sana untuk melatih dan membantu pasukan Afghanistan menghadapi kelompok militan Taliban, dan kelompok bersenjata lainnya di Afghanistan.