free html hit counter

Jual 1,66 Juta Album ‘Tear’, BTS Terima Sertifikat ‘Million’ dari Gaon Chart

Berita BintangJual 1,66 Juta Album ‘Tear’, BTS Terima Sertifikat ‘Million’ dari Gaon Chart

Boy band BTS menjadi musisi Korea pertama yang meraih sertifikat ‘Million’ dari Gaon. Capaian itu diraih grup asuhan BigHit Entertainment itu setelah penjualan ‘Love Yourself: Tear’ mencapai 1 juta kopi.

Sertifikat ‘Million’ menurut Judi Bola, diterapkan Gaon berdasarkan sistem baru Asosiasi Industri Konten Musik Korea yang diaplikasikan sejak awal tahun 2018. Berdasarkan sistem tersebut, sertifikat album Platinum dipancang sebesar 250.000 kopi. Sementara untuk penjualan 1 juta kopi akan mendapatkan sertifikat ‘Million’.

Seperti diketahui, BTS sukses memecahkan rekor ‘Penjualan Album Tertinggi’ Gaon Chart pada Mei 2018. Kala itu, BTS menjual 1.664.041 kopi ‘Love Yourself: Tear’, hanya dalam 14 hari pascarilis.

Tak hanya itu, BTS juga tercatat sebagai musisi Korea dengan penjualan ‘one-album’ (tak termasuk album repackaged) tertinggi di Korea Selatan sejak tahun 2000. Sebelumnya, penyanyi ballad Jo Sung Mo membukukan penjualan 1.705.127 kopi hanya dalam 1 bulan.

Selain menerima sertifikat ‘Million’, BTS juga sempat memimpin Digital Chart dengan total unduhan lagu mencapai 50,58 juta untuk Fake Love. Hal serupa juga terjadi untuk Gaon Sosial Chart yang mana BTS mendapatkan 99.000 poin untuk Fake Love.

[ Baca Juga – ” Resmi Comeback, Twice Rilis Video Klip Dance The Night Away ” ]

‘Love Yourself: Tear’ merupakan, album ketiga BTS yang terdiri atas 11 lagu dan dirilis pada 18 Mei 2018. Promosi perdana album itu dilakukan RM cs dalam ajang Billboard Music Awards yang digelar di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, pada 21 Mei 2018.

Mengikuti sukses ‘Love Yourself: Tear’ milik BTS, ada juga ‘The Story of Light Ep.1’ dari SHINee. Sementara ‘Goodbye 20’s’ milik Yong Junhyung ‘Higlight’ berada di peringkat ketiga, diikuti ‘Time for the Moon Night’ dari GFRIEND. Posisi kelima diamankan oleh Teen Top lewat ‘Seoul Night’.