free html hit counter

JJ Rizal: Wacana Pemindahan Ibu Kota Tak Terdiskusikan Secara Serius

BeritaBintangJJ Rizal: Wacana Pemindahan Ibu Kota Tak Terdiskusikan Secara Serius

Sejarawan JJ Rizal angkat bicara mengenai rencana Pemerintah Indonesia melalui Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) tentang pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke kota lain.

Menurut Rizal, rencana dan wacana mengenai pemindahan Ibu Kota sudah sedari dulu dimunculkan. Namun, Rizal menilai wacana dan rencana yang mengemuka tak pernah ada kejelasan dan tindak lanjut.

Rizal juga melihat, diskusi pemindahan Ibu Kota tak dibahas detail dan hanya berakhir pada wacana. Misalnya saja terkait opsi pemindahan, apakah dipindahkan secara menyeluruh atau hanya sebagian saja.

[Baca Juga -“Sambut Kedatangan Habib Rizieq, Polisi Siapkan Pengamanan Maksimal di Bandara Soekarno-Hatta“]

“Ide pindah Ibu Kota itu tidak terdiskusikan secara serius. Apakah dipindahkan secara keseluruhan seperti Brazil atau dipindahkan seperti Malaysia atau Belanda, ini yang mana?,” kata Rizal usai menjadi narasumber di program Talk To iNews, Jakarta Pusat.

Tak hanya itu, sejarawan muda itu juga menyinggung mengenai diskusi dan wawasan mengenai pernyataan Pendiri Bangsa Indonesia Ir Soekarno yang juga mengingingkan Ibu Kota pindah dari Jakarta. Rizal berpandangan ada kekeliruan membaca gagasan Soekarno.

Dia menilai, pemindahan Ibu Kota versi Soekarno itu adalah membagi beban ke kota lainnya yang ada di Jakarta. “Diskusi mengenai sejarah mengenai Bung Karno itu sama tidak seriusnya karena Bung karno tidak pernah membayangkan pindah Ibu Kota. Kalau pernah bayangkan dia koreksi pada tahun 1966,” tutur Rizal.