free html hit counter

Jemaah Haji Indonesia yang Tewas di Mina Bertambah Jadi 2 Orang

BeritaBintang – Warga negara Indonesia yang menjadi korban dalam musibah di Mina,  Arab Saudi, Kamis (24/9/2015), bertambah menjadi dua orang.

Hal itu diketahui setelah perwakilan Indonesia di Arab Saudi mengecek langsung keadaan korban di Rumah Sakit.

“Pak Sunarko (Wakil Duta Besar RI) sedang di RS AL JISR MINA. Baru dapat info ada satu lagi WNI yang menjadi korban,” ujar Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI, Lalu Muhammad Iqbal, melalui pesan singkat, Kamis.

Hingga saat ini, proses verifikasi korban WNI masih dilakukan. Korban kedua tersebut diketahui berjenis kelamin laki-laki. Ia tergabung dalam rombongan Maktab 02, yang berasal dari Probolinggo, Jawa Timur.

Sebelumnya, dilaporkan seorang WNI menjadi korban dalam musibah yang terjadi di Mina, sehingga total WNI yang menjadi korban berjumlah 2 orang.

Hingga saat ini belum diketahui pasti kondisi keduanya.

Pada hari ini, sekitar pukul 07.00 waktu Arab Saudi, telah terjadi musibah yang menimpa jemaah haji yang sedang menuju tempat pelemparan jumrah. Peristiwa terjadi ketika sekelompok jemaah berhenti di jalan dan mengakibatkan saling dorong dan kemudian saling berdesakan.

Berdasarkan data terakhir, jumlah korban tewas dalam musibah tersebut mencapai 717 orang. Kemudian sebanyak 863 jamaah luka-luka. Adapun, sebagian besar korban tewas adalah jemaah dari negara-negara Afrika dan Mesir.