free html hit counter

Ini yang Harus Diperhatikan saat Membeli Baju Bayi

BeritaBintang –Pakaian yang dikenakan bayi tak hanya berperan untuk melindunginya dari kondisi dingin atau paparan langsung dari benda-benda di sekitarnya, tetapi juga membantunya mencapai tumbuh kembang yang optimal.

“Hubungannya memang enggak langsung. Tapi bayangkan kalau anak terus-terusan gatal, atau reaksi lain seperti pusing, mata berair karena pakaian yang dikenakannya. Dikasih makan nggak mau karena rewel,” ujar dr Naomi Esthernuta Dewanto, SpA dari Siloam Hospitals Kebon Jeruk pada temu media peluncuran produk pakaian bayi ‘Libby Baby’ di Jakarta, Selasa (22/3/2016).

Rasa tak nyaman akibat pakaian yang dikenakannya tak pas ini bila sering dialami bayi, lanjut dia, dapat mempengaruhi berat badannya. Yah, berat badan bayi bisa turun sehingga tumbuh kembangnya menjadi tidak optimal.

Tak hanya melalui sentuhan kulit, bahan berbahaya pada baju seperti pewarna misalnya, kata Naomi, juga sangat mungkin masuk ke tubuh si kecil. Hal ini terjadi karena kebiasaan menggigit baju yang biasa dilakukan bayi.

“Pakaian kan ada gambarnya, kalau kualitas nggak bagus dia akan mudah luntur. Ketika anak jilat, maka racunnya akan masuk ke tubuh dan menimbulkan reaksi alergi,” imbuhnya.

Oleh karena itu ia mengimbau orangtua untuk memperhatikan bahan pakaian yang dikenakan buah hatinya. Pilihlah bahan yang menyerap keringat dan tidak mudah luntur.

“Pilih yang bahan katun, menyerap keringat, anti kerut sehingga sekali pakai tidak mudah mengkerut atau melar. Jangankan anak kecil, kita pakai bahan nggak nyerap keringat tentu nggak enak kan,” terangnya.

Praktisnya lagi, imbuh Naomi, pilih merek pakaian yang memiliki label SNI (Standar Nasional Indonesia), atau memiliki sertifikasi internasional OEKO-TEX. Pakaian yang telah mendapatkan dua jenis sertifikasi ini telah melalui sederet pengujian untuk memeriksa keamanan bahan yang digunakan.