free html hit counter

Ini Tips Merawat Batik dengan Pewarna Alami

BeritaBintang –BUSANA berbahan kain batik memang memerlukan treatment alias perawatan khusus. Selain karena biasanya busana dari kain batik dihargai tidak murah, rasanya sayang jika busana dari kain batik akan rusak dan terlihat belel akibat tidak dirawat dengan benar.

Terlebih lagi jika busana Batik yang dimiliki ini menggunakan bahan pewarna alami. Lalu bagaimana cara yang baik dan benar untuk merawat dan menjaga busana batik dengan pewarna alami?

William Wimpy, seorang Green-preneur di bidang fashion, dengan brand Canting Hijau, yang belum lama ini terpilih sebagai pemenang utama HiLo Green Leader 2016 tidak segan untuk berbagi ilmu dalam merawat busana batik. Dimana memang busana batik menjadi fokus dari pria berkulit putih ini.

“Baju batik apalagi yang menggunakan bahan pewarna alami memang butuh perawatan khusus, yang pertama dari soal mencuci. Jangan biasakan langsung dicuci kilat dengan masuk mesin cuci, biasakan untuk cuci alami alias mencuci dengan menggunakan tangan. Kemudian yang kedua ialah soal pemilihan detergen, jangan gunakan deterjen yang berbentuk bubuk, sebaiknya pilih deterjen yang halus yaitu yang konsterat cair,” papar William saat ditemui TaruhanBolaOnline belum lama ini di kawasan Jakarta Pusat.

William menambahkan selain dua cara yang disebutkan di atas. Ada dua cara lain lagi dalam menjaga baju batik dengan pewarna alami. Pria berusia 27 tahun ini mengatakan saat proses menyetrika, sebaiknya dilakukan dengan melapis busana batik ini minimal dengan dua lapisan. Lalu yang terakhir, idealnya ketika dicuci, baju-baju batik dengan pewarna alami ini dicuci terpisah alias tidak menyatu tercampur dengan baju-baju bermaterial bahan lainnya.