free html hit counter

Ini Penampakan Sungai di DKI yang Paling Banyak Sampahnya

BeritaBintang –Berbagai macam jenis sampah memenuhi sungai di depan Season City, Jembatan Besi, Jakarta Barat. Sampah-sampah itu terbawa air sungai yang merupakan aliran Banjir Kanal Barat.

Pantauan Kompas.com, jenis sampah yang memenuhi sungai mulai dari sampah plastik aneka bentuk, styrofoam, tripleks, pelepah dan daun pisang, hingga bambu.

Salah seorang petugas Unit Pengelola Kebersihan (UPK) Badan Air Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Budi Santoso, menuturkan, sampah berupa bambu merupakan sampah kiriman dari Bogor.

“Ini kiriman dari Bogor yang bambu-bambu. Kalau enggak kiriman paling sampah gabus,” ujar Budi kepada Taruhan Bola Online, Senin (23/5/2016).

Menurut Budi, sampah-sampah bambu itu baru tiba sekitar pukul 11.45 WIB di sungai depan Season City.

“Tadi pagi belum ada. Tadi jam 12 kurang seperempat datang nih kiriman, air juga naik,” katanya.

Hingga saat ini, berbagai jenis sampah itu terus terbawa aliran air sungai yang cukup deras dari arah Tomang menuju Jembatan Besi. Akibat banyaknya sampah, bau tak sedap pun tercium. Para petugas UPK Badan Air terus membersihkan sampah-sampah itu di depan Season City.

Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan, sungai di depan Season City merupakan satu dari dua sungai yang paling banyak dipenuhi sampah. Sungai lainnya yang juga dipenuhi banyak sampah ialah sungai di Kampung Melayu.

Bahkan, kata Isnawa, petugas harian lepas (PHL) Unit Pengelola Kebersihan (UPK) Badan Air Dinas Kebersihan DKI Jakarta atau pasukan oranye pernah mengangkut 80 ton sampah dalam waktu lima jam.

Meski demikian, tiap hari petugas oranye selalu ditempatkan di tiap sungai, badan air, pintu air, dan lain-lain.

Para petugas dilengkapi dengan berbagai peralatan. Ada 53 peralatan kebersihan, seperti dredging excavator, amphibious spider, spider (jaring) dan lain-lain.

Tak hanya itu, Dinas Kebersihan DKI Jakarta juga menempatkan alat berat di pintu air serta saringan sampah.

“Kami tempatkan alat-alat berat di jembatan yang rawan sampah seperti Manggarai, Kanal Banjir Barat, Season City, Hek Jagorawi, Waduk Pluit, Kanal Banjir Timur (KBT), dan lain-lain,” kata Isnawa