free html hit counter

Ini Mobil Pabrikan Inggris Termahal Sepanjang Sejarah, Aston Martin Seharga Rp300 M

BeritaBintangIni Mobil Pabrikan Inggris Termahal Sepanjang Sejarah, Aston Martin Seharga Rp300 M

Aston Martin DBR1 produksi tahun 1956 ini mencatat rekor. Mobil ini merupakan kendaraan termahal pabrikan Inggris yang laku di ajang lelang.

Dalam lelang yang digelar oleh RM Sotheby di perhelatan Pebble Beach Concours d’Elegance di Monterey, California, Amerika Serikat, pada akhir pekan lalu, mobil klasik ini berpindah tangan dengan harga USD22,55 juta atau hampir Rp300 miliar. Tidak disebutkan identitas siapa yang berhasil membawa pulang mobil eksotis ini.

RM Sotheby menyebut bahwa mobil balap DBR1 bernomor sasis nomor 1 (DBR1/1) ini merupakan mobil paling penting yang pernah dibuat Aston Martin. Sebenarnya Aston Martin memiliki model lain yang tak kalah legendaris yakni DB5. Model kendaraan ini pernah digunakan oleh agen 007 James Bond di film ‘Glodfinger’. Meski demikian popularitas DB5 berhasil dipatahkan oleh DBR1/1. Demikian dikutip dari Judi Online, Senin (21/8/2017).

{ Baca Juga, ” Foto Selfie Sambil Tenggak Minuman Beralkohol di Thailand Bisa Kena Denda Rp20 Juta! ” }

Wajar saja, pasalnya mobil yang hanya diproduksi sebanyak lima unit di dunia ini merupakan mobil Aston Martin pertama yang turun dalam ajang ketahanan World Sportcar Championship, yakni pada 1956 hingga 1959.

Gelar juara dunia pertamanya diraih pada 1959 di ajang berbeda yakni Nurburgring 1.000 Km pada 1959. Saat itu mobil dikendarai pembalap kawakan, yakni Sterling Moss, Jack Fairman, dan Carroll Shelby.

Selain DBR1/1 ada beberapa mobil balap Aston Martin lainnya yang dielang di ajang yang sama tahun ini, seperti DB4GT produksi tahun 1959. Mobil itu terjual dengan harga USD6,765 juta.