free html hit counter

Ini Mobil Masa Depan F1, Bisa Dikendalikan Pakai Otak Pembalap

BeritaBintang –  Inikah mobil balap masa depan Formula One (F1). Pembalap tidak perlu lagi mengontrol kemudi menggunakan tangan, tapi cukup menggunakan otak.

Mobil konsep futuristis F1 ini merupakan wujud dari visi kendaraan masa depan McLaren yang diberi nama MP4-X Formula One.

MP4-X dilengkapi beberapa teknologi terdepan hasil pengembangan dari divisi teknologi McLaren. Teknologi yang digunakan merupakan hasil dari imajinasi bagaimana sebuah mobil balap F1 di masa depan.

Dari sisi desain tampak perubahan drastis dibanding mobil F1 yan digunakan saat ini. Bagian pengemudi sudah ditutup dengan kanopi sehingga ada ruang kabinnya. Hal ini bisa meningkatkan keamanan sang pembalap. Dari situ menunjukkan desain mobil semakin aerodinamis. Garis mengalir dari depan hingga belakang menunjukkan mobil ini akan memiliki handling lebih baik saat melaju di kecepatan tinggi.

“Dengan mobil konsep McLaren MP4-X futuristis ini, kami ingin mengintip masa depan dan berimajinasi sebisa mungkin. Kami meramu sejumlah bahan utama pada mobil F1, seperti kecepatan, kesenangan, dan performa dengan sport. Kokpit dibuat tertutup untuk meningkatkan keamanan pengemudi serta mesin bertenaga hybrid,” terang John Allert, group brand director McLaren, seperti dikutip dari Daily Mail.

Sementara di roda dipasang sensor yang dapat memberi tahu pengemudi kondisi sehingga bisa mengantisipasi ledakan pada ban. Selain itu, pembalap akan menggunakan baju balap canggih yang dapat mendeteksi kondisi tubuh. Hebatnya, perkembangan kondisi tubuh pembalap bisa langsung dipantau oleh tim dari luar arena secara real time.

Dari sisi jantung penggerak, tenaga juga disuplai dari panel surya yang dipasang di mobil tersebut. Dari desain roda depan yang dipasang sepatbor gemuk tampaknya motor listrik pada mobil digunakan untuk menggerakkan roda depan.

McLaren menyatakan MP4-X mendapat asupan 11 teknologi yang sudah digunakan pada F1 generasi saat ini.

Hal lain yang membuat mobil konsep MP4-X ini berbeda adalah pilihan cara mengontrol mobil. Kemungkinan mobil ini akan menggunaan sistem kontrol langsung dari otak pembalap, menggunakan gesture, atau melalui panel hologram pada kokpit.

Penggunaan sistem kontrol otak bukan sesuatu yang mustahil. Awal tahun ini para ilmuwan merilis hasil penelitian bahwa gelombang dari otak bisa mengontrol pesawat. Teknologi ini berkerja melalui bantuan perangkat lunak yang diberi nama brain computer interface (BCI).

Soal MP4-X, pembalap McLaren Jenson Button mengatakan, “Saya adalah satu dari sekian banyak pembalap yang mengatakan bahwa ini adalah balapan dengan kokpit terbuka dan harus bertahan dengan seperti ini. Tapi, kami pikir sudah cukup sekarang. Kami harus menggunakan kanopi di mobil F1 untuk keamanan dari kecelakaan. Ini bukan 1970 lagi.”

Namun, Button menyadari bahwa butuh waktu untuk bisa merealisasikannya, karena membutuhkan adaptasi, misalnya visibilitas pembalap akan terganggu dengan adanya kanopi tersebut.

McLaren MP4-X sendiri sudah mengantisipasi hal itu. Visibilitas pembalap bisa ditingkatkan dalam berbagai kondisi. Rintangan di sirkuit akan tetap dapat terlihat.