free html hit counter

Ini Langkah yang Bisa Diambil Indonesia Dalam Redakan Ketegangan Korut

BeritaBintang –  Ini Langkah yang Bisa Diambil Indonesia Dalam Redakan Ketegangan Korut

Negara Cina akan sangat punya peran dalam meredakan ketegangan Korea Utara (Korut) yang telah menebar ancaman terhadap Amerika Serikat, dengan meluncurkan rudal balistiknya hingga mencapai daerah Hokaido, Jepang.

“Cina sangat memiliki kedekatan dengan Korut. Bila jalan diplomasi Indonesia secara langsung tidak berhasil, patut dicoba, Indonesia berkomunikasi dengan Cina agar bisa melobi Korut. Karena kita tahu, Cina punya hubungan kerjasama dalam banyak hal dengan Korut,” papar Dosen Hubungan Internasional Universitas Padjadjaran, Arfin Sudirman, kepada Agen Bola.

Cina sendiri sejauh ini menurut Arfin belakangan ini memiliki kerjasama dengan Indonesia. Hal ini yang bisa dimanfaatkan, agar tak terjadi pecah perang antara Korut dan Amerika.

[Baca Juga -“Unik! Cegah Penculikan, Wanita Suku Apatani di India Jalani Tradisi “Merusak Wajah”“]

“Ini harus segera direspons agar tidak terjadi perang yang sebenarnya antara Korea Utara dan Amerika Serikat. Kedua pemimpin negara yaitu Kim Jong Un dan Donald Trump, sangat unik dan sulit berkomunikasi, harus ada yang mengambil peran,” kata Arfin.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Pertahanan Jepang Itsunori Onodera pada hari meminta Amerika Serikat (AS) mengerahkan sistem rudal pertahanan Aegis untuk melawan ancaman Korut.

Dalam percakapan telefon, para pejabat tinggi pertahanan dan kementerian luar negeri kedua negara membahas tindakan bersama melawan Pyongyang setelah rudal jarak menengah dilesatkan dan menerobos wilayah udara Hokkaido, Jepang.