free html hit counter

Ini J1, ‘Kuda’ Bertenaga Listrik

BeritaBintang – Ini mungkin merupakan sepeda motor paling aneh dan revolusioner yang pernah dibuat. Namanya J1, sepeda motor listrik ini diklaim sebagai kendaraan roda dua pertama di dunia yang memiliki daya jelajah 300 kilometer untuk sekali charge baterai.

Hebatnya lagi, tenaga listrik di J1 akan bisa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, seperti untuk lampu dan lainnya. Ini karena baterainya juga bisa digunakan untuk menyimpan listrik dari sumber pembangkit lain, seperti panel surya.

Sang produsen motor asal Austria, Johammer, menyatakan, prototipe Johammer J1 sudah diuji di Swiss.

Motor listrik berkekuatan 11 kilowatt dipasang di roda belakang. Tenaga yang dihasilkannya mencapai 14 hp yang mampu melajukan kendaraan dengan top speed 120 kilometer per jam.

Baterainya memiliki 1.200 sel yang mampu menghasilkan 12 kWh, hampir sama dengan Tesla Powerwall yang bisa menghasilkan 14 kWh.

Johann Hammerschmid, pendiri Johammer, seperti dikutip dari Agen Judi Online, mengatakan, pihaknya juga berencana membuat motor beroda tiga dengan tambahan kabin di samping. Baterainya akan dibuat lebih besar sehingga bisa menambah daya jelajah motor.

Johammer J1 pertama kali dirilis pada 2014. Hingga saat ini sudah 60 unit motor yang diproduksi untuk pasar Eropa. Saat ini perusahaan sedang mengembangkan generasi keduanya.

Motor listrik berada di tengah roda. Untuk memutar roda, motor memiliki kumparan yang menghasilkan medan elektromagnet. Tenaga dialirkan melalui alat itu.

Bobot motor bisa dipangkas karena tidak menggunakan sistem transmisi konvensional, gir roda, dan as. Dengan begitu tenaga yang dikeluarkan menjadi lebih efisien.

Menurut Hammerschmid, produknya didesain dengan konsep lembali ke alam. Sehingga tak heran jika bentuknya seperti kuda. Bodi menutupi semua bagian motor kecuali roda depan. Motor ini hanya bisa dinaki satu orang sebagaimana layaknya menunggangi kuda.

Kecanggihan motor ini bisa terlihat dari penggunaan spion samping yang menggunakan layar beresolusi tinggi. Spion tersebut dapat menyajikan informasi terkait motor seperti kecepatan dan jarak tempuh.

Johammer memproduksi beberapa varian J1 yakni, J1.150 yang dibanderol 19 ribu poundsterling atau sekira Rp327 juta dan J1.200 dengan harga 20.600 poundsterling. Beda antara J1.150 dan J1.200 adalah dari kapasitas baterainya.