free html hit counter

Industri Rumahan Bikini Snack Tak Kantongi Izin Lingkungan

BeritaBintang –  Pabrik rumahan Bikini Snack yang digawangi seorang mahasiswi di Bandung berinisial TW, tidak pernah diketahui warga. Industri rumahan yang berlokasi di rumah mewah di Jalan Masjid, Sawangan Baru, Depok itu mengejutkan warga.

TW memproduksi Bikini Snack di lantai tiga rumahnya yang juga dihuni orangtuanya. Wanita berusia 19 tahun itu memasarkannya melalui media sosial sejak 2015.

Ketua RT 01/08 Nasam kaget mengetahui penggerebekan yang dilakukan polisi dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di rumah TW. Sebab, Nasam merasa tidak pernah mendapatkan laporan dari pemilik rumah mengenai usahanya tersebut.

“Saya terkejut karena kok bisa saya enggak tahu. Saya sebagai kepala lingkungan kenapa enggak dapat laporan ada pabrik itu,” kata Nasam di lokasi, Selasa (9/8/2016).

Nasam mengungkapkan, seharusnya ayah TW atau keluarganya melapor terlebih dahulu jika membuka usaha bisnis. Pihak lingkungan tidak dilibatkan untuk memperoleh izin.

“Tetap harus dong biar gimana ada laporan mau buka usaha. Walaupun usahanya online. Kalau anaknya enggak datang ke saya, paling enggak ayahnya lah yang memang warga sini dari dulu,” tegasnya.

Nasam pun dipanggil polisi dan BPOM Jawa Barat untuk dimintai keterangan. Namun, dia mengaku memang tidak tahu-menahu terkait pabrik tersebut.

“Saya sih saat diperiksa polisi dan di Bandung blak-blakan saja. Saya tidak tahu-menahu enggak dapat laporan. Kalau ada wartawan juga saya no comment. Jangankan saya, pamannya TW di depan rumahnya saja yang punya warung, enggak tahu kalau keponakannya punya bisnis begitu,” tuturnya.