free html hit counter

Indonesia Protes Keras China Atas Insiden KM Kway Fey

BeritaBintang – Indonesia memprotes keras tindakan penjaga pantai China yang menghalang-halangi penangkapan kapal ilegal berbendara China, KM Kway Fey 10078.

Nota protes itu disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi melalui Kedutaan Besar China di Indonesia. Protes itu dirangkum ke dalam tiga isu utama, yakni memprotes keras penjaga pantai China, yang telah melanggar hak berdaulat dan yurisdiksi Indonesia di wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) dan landas kontinen.

Kedua, Indonesia juga memprotes penghalang-halangan penjaga pantai China karena telah mencederai upaya penegakan hukum aparat Indonesia di ZEE dan landas kontinen. Ketiga, pelanggaran juga dilakukan penjaga pantai China pada kedaulatan laut teritorial Indonesia.

Pelayangan nota protes ini juga diakui Menlu Retno telah dilaporkan secara rinci kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Kita melaporkan apa yang sudah kita lakukan (ke Presiden Jokowi) jadi sekali lagi bahwa kita menyampaikan protes terhadap apa yang terjadi di lapangan karena ini pelanggaran,” ujar Retno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/3/2016).

Selain itu, Retno juga menegaskan Indonesia akan tetap menahan delapan anak buah kapal (ABK) Kapal KM Kway Fey 10078. Proses hukum juga akan terus dilanjutkan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.