free html hit counter

ICW: Pembentukan Densus Tipikor Harus Dikaji Lebih Mendalam

BeritaBintang –  ICW: Pembentukan Densus Tipikor Harus Dikaji Lebih Mendalam

Peneliti Indonesian Corruption Watch (ICW) Emerson Yuntho, mengatakan pembentukan Densus Tipikor yang digagas Komisi III DPR RI perlu dilakukan kajian mendalam. Pasalnya, untuk memerangi korupsi diperlukan independensi.

Emerson mengungkapkan, setidaknya ada enam catatan yang harus dikaji dalam membentuk Densus Tipikor.

“Mulai dari belum adanya kajian akademik, landasan hukum yang belum jelas, ruang lingkup pun belum jelas, kultur independensi, hambatan Undang-Undang, serta momentum pembentukan Densus Tipikor yang dinilai tidak tepat,” ungkap dia di Menteng Jakarta Pusat Sabtu, (21/10/2017).

Selain itu, masih ada juga beberapa hal lain yang menurutnya harus dibenahi sebelum Densus Tipikor dibentuk. Hal tersebut guna mencegah adanya kesimpangsiuran dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

[Baca Juga -“Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas Kupang Mulai Dibangun, Kapasitasnya 40 Mw“]

“Posisi KPK pasti akan welcome, tapi jangan sampai ada saling tumpang tindih. Jangan ada juga saling rebutan. Makanya densus ini harus dikaji lebih dalam,” ujar dia kepada Poker Online.

Dia melanjutkan, jika kedepannya gagasan yang dilontarkan komisi III DPR RI tersebut akan terealisasi maka Densus Tipikor harus kerja tanpa intervensi dari pihak manapun untuk memberantas korupsi.

“Dukungan pemerintah harus bisa memastikan bahwa hadirnya densus ini bebas dari segala intervensi,” pungkasnya.