free html hit counter

Hindari 6 Kebiasaan Buruk yang Dilakukan ketika Ramadan

BeritaBintangHindari 6 Kebiasaan Buruk yang Dilakukan ketika Ramadan

TAK jarang seseorang menjalani puasa dengan cara yang salah. Biasanya dalam hal menjaga pola makan yang berlebihan dan kebiasaan buruk lainnya.

{ Baca Juga, ” Hadapi Myanmar di SEABA 2017, Indonesia Akan Jadikan Warm Up Sebelum Bertemu Filipina ” }

Dijelaskan Spesialis Penyakit Dalam dr Prasetyo Widhi SpPD-KHOM menjelaskan berbagai kebiasaan buruk yang dilakukan seseorang ketika berpuasa. Simak ulasannya berikut ini, dirangkum JUDI ONLINE, Senin (28/5/2017).

Membatalkan puasa dengan minuman manis berlebihan

Segarnya es sirup, kolak, bubur manis, es buah dan lainnya memang mampu melepas dahaga saat berbuka puasa. Tapi semua jenis minuman tersebut tidak menyehatkan. Selain tinggi gula, minuman tersebut juga tinggi kalori. Sebagai penggantinya, Anda cukup minum air kelapa segar atau air putih yang lebih sehat.

Makan gorengan

Penjual gorengan di pinggir jalan sangat banyak sekali. Anda pasti tergoda untuk membelinya. Sebaiknya, kurangi kebiasaan buruk untuk makan gorengan saat buka puasa. Makanan tersebut mengandung tinggi lemak dan kolesterol yang memicu berbagai penyakit.

Memilih kue

Kue atau roti manis juga sangat tidak dianjurkan untuk buka puasa. Makanan tersebut tidak mengenyangkan dan tinggi kalorinya. Sebaiknya, saat buka puasa Anda bisa mengawali dengan makan buah-buahan segar atau salad segar.

Merokok

Waduh, ini dia selalu dilakukan oleh para perokok. Usai membatalkan puasa dengan minum dan makan, langsung menghisap sebatang rokok. Seharusnya, saat puasa menjadi ajang untuk berhenti merokok total secara perlahan-lahan.

Sahur dengan makanan awetan

Pilih gampangnya, tak sedikit ibu memilih makanan kemasan ketika buka puasa. Seperti sarden, sosis, kornet, sayuran beku, dan lainnya. Padahal makanan tersebut mengandung tinggi natrium yang mengganggu kinerja organ tubuh.

Kurang minum air putih

Selama Ramadan, hanya sedikit orang yang mampu mencukupi kebutuhan cairan. Padahal minum delapan gelas semalam bisa disiasati saat buka dan sahur. Selain air putih, Anda juga dapat memilih air kelapa untuk menggantikan energi yang hilang.