free html hit counter

Hiii… Ternyata Ada Banyak Bakteri di Uang Kertas!

BeritaBintangHiii… Ternyata Ada Banyak Bakteri di Uang Kertas!

UANG kertas selalu dipakai untuk melakukan berbagai bentuk transaksi. Apakah Anda tahu perjalanan uang dari satu tangan ke tangan lainnya? Bisa jadi uang kertas terjatuh di tempat-tempat yang tidak diinginkan. Maka tak heran, terdapat banyak bakteri yang terdapat di uang kertas

Sebuah studi yang dilakukan Frontiers in Microbiology mengatakan, uang kertas merupakan tempat berkumpulnya bakteri penyebab berbagai penyakit. Periset mengumpulkan uang $20 dari 12 rumah sakit dan tiga stasiun metro di Hong Kong. Mereka meneliti, apakah terdapat bakteri atau serangga yang menempel di atas kertas. Mereka juga mengambil sampel dari tangan orang, udara di stasiun metro, air minum, dan sedimen air.

Setelah menganalisis banyak sampel, para peneliti menemukan bahwa uang kertas benar-benar mengandung bakteri jauh lebih banyak daripada area yang diuji.

Bukan hanya penyakit yang tidak berbagaya, 36 persen dari semua bakteri patogen terdap di atas uang kertas itu. Mereka berkemampuan membuat Anda sakit. Termasuk bakteri E. Coli dan Clostridium difficile, dua organisme yang menyebabkan diare atau penyakit yang lebih serius.

[ Baca Juga – Wah Keren, Antartika Berubah Jadi Hijau ]

Para periset juga menemukan, persentase bakteri resisten antibiotik juga secara signifikan lebih tinggi pada uang kertas, dibandingkan sampel lainnya.

“Singkatnya, uang kertas bertindak sebagai medium yang menyerap bakteri dari lingkungan lain, dan patogen potensial bertahan hidup di atas permukaan tersebut,” terang penulis studi Jun Li, PhD.

Lantas bagaimana tips melindungi diri dari serangan bakteri? Cara terbaik untuk tetap terlindungi adalah mencuci tangan setelah Anda menyentuh uang. Demikian disadur dari laman Menshealth, Senin (22/5/2017).