free html hit counter

Berita Bintang – Helm Kehujanan dan Bau Apek, Begini Tips Mudah Membersihkannya

Berita BintangHelm Kehujanan dan Bau Apek, Begini Tips Mudah Membersihkannya

Musim hujan bisa saja membuat helm Anda basah dan terasa lembab. Sebab, saat berkendara bukan tak mungkin air masuk melalui celah kaca atau lubang ventilasi udara pada helm itu sendiri.

Selain itu, ketika diparkir, helm yang ditaruh di sepeda motor juga akan terkena air hujan. Belum lagi jika salah menyimpannya, maka helm akan seperti gayung.

Parahnya, selain basah dan lembab, peranti keselamatan ini bisa menjadi bau serta menimbulkan bakteri dan jamur.

Satu cara yang wajib dilakukan adalah mencucinya. Namun jika musim hujan seperti ini, sepertinya tak mungkin untuk membersihkannya ke tempat pencucian helm.

Selain alasan waktu, mencuci helm di tempat jasa pencucian jika setiap waktu hujan, bisa saja membuat kantong Anda jebol.

Nah menurut berbagai sumber, untuk menghilangkan bau tak sedap usai hujan atau keringat, ada cara yang paling mudah dah hemat biaya, yaitu dengan cara-cara sederhana. Mau tahu cara membersihkan helm, lihat tahapannya berikut ini, dilansir Agen Bola.

Cara membersihkan helm

Pertama, persiapkan alat dan bahan-bahan sederhana yang perlu digunakan, yaitu air hangat, lap lembut, sampo bayi.

Kedua, lepas semua bagian helm seperti kaca dan kain busa pada helm. Jangan lupa, ingat posisi bagian yang dilepas tersebut agar tidak bingung saat akan memasangkannya kembali.

Ketiga, setelah semua terlepas, siram helm bagian luar, dalam, dan kaca dengan air hangat secara menyeluruh.

[ Baca Juga Berita Bintang : ” Membedah Potensi Wisata Danau Toba, Salah Satu Destinasi Super Prioritas Pilihan Presiden Jokowi ” ]

Keempat, usapkan sampo bayi ke helm, kemudian gosok seluruh bagian helm dengan tangan atau lap, kemudian bilas. Lakukan hal itu baik luar maupun dalam helm beberapa kali sampai benar-benar bersih.

Kelima, jka langkah tersebut selesai, keringkan helm. Anda juga bisa menggunakan kipas angin.

Cara Membersihkan Kaca Helm

Pertama, setelah bagian luar dibersihkan, jangan lupa kaca helm pun perlu dilakukan hal sama, siram lebih dahulu dengan air hangat.

Kedua, campur air hangat dengan sampo bayi. Aduk hingga menghasilkan busa. Selanjutnya, permukaan lembut atau busa, diusap ke bagian kaca helm hingga rata.

Ketiga, pada bagian luar, jangan menggunakan cairan kimia apapun, karena bisa mengikis lapisan kilap. Setelah semua dibersihkan dan helm telah kering, rakit kembali seluruh bagian helm dengan benar.

Usahakan terus bersihkan helm dengan cara ini minimal satu bulan sekali agar terhindar dari bau tak sedap. Silhakan mencoba.