free html hit counter

Berita Bintang – Hari Pahlawan, Pagelaran Musik Jazz Dihadirkan di Museum

Berita BintangHari Pahlawan, Pagelaran Musik Jazz Dihadirkan di Museum

Bertepatan dengan Hari Pahlawan, 10 November 2018, pagelaran musik jazz dihadirkan di Museum Nasional, Jakarta Pusat. Kampanye bertajuk Jazz at the Museum ini diselenggarakan oleh Ikatan Alumni LabSchool yang bekerjasama dengan Lokananta Recording, Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan juga OJ Music House Jakarta.

Kampanye nasional yang diinisiasi oleh Reza Yusuf Enoch dan Eri Sugiharto bertujuan untuk menyemarakkan kembali museum dengan mengajak anak-anak muda mengunjungi museum. Reza mengatakan, program serupa pernah dilakukan di museum. Namun kali ini berbeda karena benar-benar mengajak generasi langgas untuk menginjakkan kaki ke museum.

Hari ini ia mengajak murid-murid dari LabSchool ke Jazz at the Museum untuk merasakan atmosfer menyanyi di museum sekaligus belajar sejarah.

“Kami mencoba untuk menggerakkan menyanyikan sesuatu dengan atmosfer di museum seperti apa. Biar mereka merasakan sendiri,” ujar Reza saat ditemui di Museum Nasional, Jakarta, Sabtu (10/11/2018).

[ Baca Juga Berita Bintang : ” Suzzanna : Bernapas Dalam Kubur Hadirkan Prostetik Make Up Khusus Dari Rusia ” ]

Pemilihan musik jazz yang menjadi tema acara ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan anak muda pada jazz meski belum sepopuler genre musik lain. Acara ini diisi oleh penampilan musisi jazz senior Otti Jamalus dan musisi jazz muda Adikara Fardy feat Ghillman Rama Putra yang membawakan lagu-lagu dari tahun 1930-an hingga 2000-an.

“Akhirnya mereka beradaptasi dengan menyanyikan lagu yang sama di panggung kafe dan sekarang mereka nyanyi di depan artefak-artefak yang mungkin berusia ratusan tahun. Jadi mereka punya adjustment dan pengalaman sendiri yang nanti bisa diceritakan,” tambah Reza.

Untuk pemilihan Museum Nasional sebagai lokasi, ia menyebut bahwa tempat ini adalah simbol dari semua museum di Indonesia. Ke depannya, kampanye ini akan dilakukan di berbagai museum yang ada di Tanah Air dilansir dari Agen Bola.

“Intinya adalah kami mendukung program menyemarakkan museum, jadi mengajak orang untuk kembali ke museum. Karena itu kami bekerjasama dengan Lokananta untuk menyelenggarakan ini. Jadi acara ini adalah kick off untuk membangun semangat menyemarakkan museum,” jelas Otti Jamalus.

Dalam acara ini juga ada talk show mengenai Lokananta Recording yang dipaparkan oleh Satrijo Sigit Wirjawan, Direktur Keuangan dan Produksi Perum PNRI. Sineas Riri Riza yang merupakan alumni LabSchool juga tampak hadir. Namun, kali ini ia justru tampil berbeda dengan memperlihatkan kelihaiannya meracik kopi.

“Saya kalau kumpul-kumpul dengan teman seangkatan, sering potluck-nya apa, saya bikin kopi untuk mereka. Karena itu ketika saya ditanya mau nyumbang apa, saya pikir kalau mau nyumbang kopi bisa,” tandas Riri.