free html hit counter

Gunung di Kuchinoerabujima Jepang Meletus

BeritaBintang – Gunung di Kuchinoerabujima Jepang Meletus, Penerbangan Dialihkan.

Sebuah gunung berapi di kepulauan Kuchinoerabujima Jepang Selatan meletus pada Jumat (29/5/2015) pagi dan memuntahkan asap hitam ke langit.

Akibat letusan ini, warga pulau dievakuasi dan memaksa penerbangan untuk mengalihkan beberapa penerbangan ke Okinawa. NHK melaporkan aliran piroklastik gas super-panask dan batu mengalir di sisi puncak dan mencapai laut setelah letusan itu.

“Ada ledakan besar dan asap hitam naik segera,” kata Nobuaki Hayashi, seorang pejabat pulau setempat kepada bintangbola.

Belum ada laporan mengenai adanya korban luka dari pulau yang dihuni sekitar 140 orang itu. Yang pasti pulai ini hanya bisa diakses dari luar dengan menggunakan perahu. Segere asetelah kejadian, sebuah feri dikirim ke pulau yang terletak  sekitar 160 km (100 mil) selatan dari pulau Kyushu ini untuk mengevakuasi warga.  Sementara pemerintah Jepang telah mendirikan kantor manajemen bencana.

Jepang All Nippon Airways mengatakan akan mengalihkan sebagian penerbangan ke Okinawa dan Asia Tenggara sebagai tindakan pencegahan, namun tidak berencana untuk membatalkan penerbangan. Sementara Japan Airlines (JAL) mengatakan tidak memiliki rencana untuk mengubah penerbangannya.

Tidak segera jelas apakah letusan akan mempengaruhi pembangkit nuklir Sendai Kyushu  yang baru dibersihkan pada Rabu (27/5/2015) sebagai langkah terakhir untuk menghidupkan kembali pembangkit listrik itu pascagempa Fukushima Daiichi pada 2011.

Gunung berapi ini terakhir meletus musim panas tahun lalu dan daerah yang terkena aliran piroklastik terjadi telah dinyatakan sebagai area terlarang. Pulau ini sekitar 1.000 km barat daya Tokyo.