free html hit counter

Gitar Legendaris John Lennon Kembali Ditemukan

BeritaBintang – Kini, gitar itu dilelang dan diharapkan bisa terjual sampai Rp10 miliar.

Gitar milik musisi legendaris John Lennon yang diklaim telah lama hilang, kembali muncul dan dilelang dengan harga selangit. Gitar yang dipakai front man The Beatles itu diperkirakan bakal laku dengan harga mencapai Rp 8 miliar hingga Rp 19 miliar.

Gitar Gibson buatan tahun 1962 itu dipakai Lennon saat ia melantunkan salah satu hits pertama The Beatles, Love Me Do. Gitar itu diklaim hilang pada tahun 1963 dan tidak pernah lagi diketahui di mana rimbanya sampai saat ini.

Lennon kehilangan gitar itu pada bulan Desember 1963 saat ia dan kolega menggelar konser di acara natal Finsbury Park. Sejak itu, Lennon memakai gitar serupa buatan tahun 1964.

Hilangnya gitar Lennon telah lama menjadi misteri. Diduga, gitar itu berpindah tempat dari London ke San Diego, Amerika Serikat.

Pemiliknya saat ini adalah gitaris amatir John McCaw. Ia tidak tahu bahwa gitar yang ia pegang adalah gitar milik Lennon. Ia baru sadar ketika ada seorang rekan yang melihat kemiripian gitar model J-160E itu dengan milik Lennon.

Singkat cerita, gitar tersebut masuk sebuah rumah lelang Juliens di Los Angeles pada bulan November 2014. Si pemilik, McCaw, membeli gitar itu hanya senilai beberapa ratus Dolar saja pada tahun 1970. Kini, harga alat musik petik itu meroket hingga Rp 10 miliar.

Gitar itu sendiri, menurut sejarah, adalah satu dari dua gitar yang dibeli Lennon dan gitaris The Beatles, George Harrison, di Rushworth’s Music House di Liverpool. Ketika itu, harga gitar itu masih 161 Poundsterling atau sekitar Rp3,2 juta dengan kurs saat ini.