free html hit counter

Gerhana Matahari Total Kelihatan Juga di India

BeritaBintang –   GERHANA Matahari Total tinggal hitungan hari. Meskipun bisa dilihat sempurna di Indonesia, gerhana matahari terlihat juga di India.

Di sebagian besar wilayah di India, Gerhana matahari sebagian atau parsial terjadi sebelum matahari terbit. Sehingga saat matahari terbit, gerhana matahari sedang berlangsung. Namun, ada juga sebagian wilayah yang dilintasi gerhana matahari setelah matahari terbit.

“Namun, mulai dari fase gerhana parsial akan berlangsung setelah matahari terbit dari timur laut India. Saat gerhana bergerak ke timur, durasi gerhana parsial bisa meningkat hingga satu jam lebih di timur laut India dan di Andaman dan Kepulauan Nicobar,” terang Kementerian Ilmu Bumi dalam pernyataan resmi dikutip dari BintangBoLa, Sabtu (5/3/2016).

Di India, fase gerhana akan dimulai pada pukul 5.47 dan berlangsung hingga 9.08 waktu setempat. Sedangkan gerhana matahari parsial ini baru akan berakhir pada pukul 10.05 waktu setempat.

Gerhana parsial di India akan terlihat 49 persen di Port Blair, 24,5 persen di Bhubaneswar, 18,5 persen di Kolkata, 15 persen di Agartala, 12 persen di Patna dan Silchar, 11 persen di Guwahati.

Sekadar diketahui, Gerhana Matahari Total akan terjadi 9 Maret 2016. Fenomena ini hanya terjadi di 12 provinsi wilayah daratan Indonesia. Sedangkan di beberapa negara di Asia Tenggara, gerhana matahari hanya terlihat sebagian.