free html hit counter

Gempa Kuat Guncang Asia Selatan, 70 Tewas

BeritaBintang – Gempa 7,5 skala Richter (SR) yang mengguncang Asia selatan, yakni Afganistan, Pakistan, dan India, menyebabkan 70 orang tewas, Senin (26/10/2015).

Korban tewas di antaranya 12 siswi yang gagal menyelamatkan diri dari sekolah yang roboh di kota Taluqan, Afganistan utara.

Kepala Departemen Pendidikan Enayat Naweed kepada AFP mengatakan, mereka tewas akibat berdesak-desakan untuk keluar dari sekolah.

Secara terpisah, di Provinsi Nangarhar yang berbatasan dengan Pakistan, sebanyak enam orang terbunuh dan 69 orang terluka, kata Najeeb Kamawal, kepala rumah sakit umum lokal kepada AFP.

Selain itu, dilaporkan 28 orang tewas di Pakistan utara, 20 orang di Pakistan barat laut, tiga di Gilgit-Baltistan, dan satu di Kashmir. Dari korban tewas di Pakistan, enam di antaranya anak-anak.

Gempa tersebut berpusat di dekat Jurm di tenggara Afganistan, 250 kilometer dari ibu kota Kabul dengan kedalaman 213,5 km, kata Lembaga Survei Geologi Amerika Serikat.

Pusat gempa berjarak hanya ratusan kilometer dari pusat gempa 7,6 SR yang pernah mengguncang negara itu dan menewaskan 75.000 orang.

Selain korban tewas, gempa juga menyebabkan ratusan bangunan hancur dan rusak serta ratusan orang terluka