free html hit counter

Gempa Guncang Italia

BeritaBintang – Gempa bumi dengan kekuatan 6,5 pada Skala Richter mengguncang Italia Tengah pada Ahad pagi, sehingga menambah kerusakan gereja dan gedung bersejarah setelah gempa selama satu pekan belakangan.

Gempa tersebut mengguncang Kota Kecil Norcia Linkalternatif.info, kota Abad Pertengahan yang terkenal di Umbria di Italia Tengah, pada pukul 07.40 waktu setempat. Pusat gempa berada pada kedalaman 10 kilometer, kata Lembaga Geofisika dan Vulkanologi Nasional Italia (UNGV).

Itu adalah gempa paling kuat yang tercatat di Italia sejak 1980, ketika gempa serupa menghancurkan Daerah Irpinia di Napoli Tenggara, kata ahli INGV.

Belum ada laporan mengenai korban jiwa pada Ahad. Sejauh ini, sembilan orang telah cedera, satu luka parah, di Kota Kecil Norcia, Tolentino dan Cascia, kata Fabrizio Curcio, Kepala Perlindungan Sipil Italia.

“Ini adalah penilaian sementara. Awak darurat kami sedang memeriksa semua desa kecil di daerah yang terpengaruh,” kata Curcio kepada media lokal, seperti dilansir Bandar Bola Terbaik , Senin (31/10).

Beberapa bangunan ambruk di Norcia dan daerah lain yang terpengaruh, sementara banyak gedung yang diguncang oleh dua gempa bumi pada awal pekan lalu, termasuk peninggalan Abad Ke-14 San Benedetto Basilica di Norcia, nyaris rata dengan tanah. Catherdal of Santa Maria Argentea juga ambruk.

Gempa bumi tersebut juga mengakibatkan gangguan di banyak jalan di Italia Tengah. Satu jalan bebas hambatan utama yang menghubungkan Roma dengan daerah yang terpengaruh terputus selama beberapa jam akibat tanah longsor, dan sebagian jalan provinsi tak bisa dilewati, sehingga menimbulkan kesulitan bagi upaya pertolongan.

Beberapa desa seperti Castelsantangelo sul Nera ditutup sepenuhnya setelah gempa tersebut. Terkait dengan hal itu, enam pesawat pun dikerahkan untuk operasi darurat, dan semua tim pencarian dan pertolongan disiagakan di tingkat nasional.