free html hit counter

Gempa 7,7 SR yang Hantam Kepulauan Solomon Berpotensi Tsunami

BeritaBintang – Badan Geologi Amerika Serikat mengatakan, gempa bumi dengan kekuatan 7,7 Skala Richter mengguncangkan Kepulauan Solomon pada Kamis (08/12). Gempa tersebut berpotensi menimbulkan tsunami.

“Gelombang tsunami akibat gempa ini mungkin muncul tiga jam berikutnya di beberapa pantai di Kepulauan Solomon, Vanuatu, Papua Nugini, Nauru, Kaledonia Baru, Tuvalu dan Kosrae,” kata Pusat Peringatan Tsunami Amerika Serikat di Pasifik (PTWC), dilansir dari Bandar Bola Terpercaya, Jumat (9/12).

Gempa tersebut memicu peringatan tsunami di seluruh wilayah Pasifik Selatan. Gempa tersebut terjadi pada pukul 04.38 waktu setempat pada kedalaman 40 kilometer. Awalnya, gempa tersebut dilaporkan berkekuatan 8 SR.

Tidak ada laporan kerusakan atau korban akibat gempa tersebut. PTWC juga membatalkan peringatan tsunami awal di Hawaii. “Berdasarkan semua data yang tersedia, tidak ada ancaman tsunami ke negara bagian Hawaii,” kata PTWC.

Pihak berwenang Australia mengatakan tidak ada risiko untuk pesisir pantainya, sementara kantor Pertahanan Sipil Selandia Baru mengatakan akan mengevaluasi ancaman akibat tsunami tersebut.

Gempa bumi berkekuatan 6,5 juga mengguncang pantai utara California, Amerika Serikat. Pihak berwenang mengatakan, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan di kota yang dekat dengan gempa tersebut.

Menurut Badan Geologi AS, Linkalternatif.info gempa tersebut berpusat di Samudera Pasifik, sekitar 165 kilometer barat dari Ferndale, California, pada kedalaman 10 kilometer.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik dari Dinas Cuaca Nasional (USGC) mengatakan, tidak ada peringatan tsunami karena gempa tersebut.