free html hit counter

Fitur Kunci iPhone 7 dan 7 Plus

BeritaBintang – Apple secara resmi meluncurkan iPhone 7 dan 7 Plus dengan sejumlah perubahan yang cukup signifikan. Rumor yang beredar belakanganan, iPhone 7 memboyong beberapa beberapa fitur baru seperti sisi kamera dan desain.

Mengutip Telegraph, Apple resmi mengungkap perubahan mulai dari tombol “Home” yang lebih sensitif, peningkatan fitur kamera, prosesor yang lebih cepat, daya tahan baterai lebih lama, dan absennya jack audio.

Desain dan Varian Warna

Disela presentasinya, Senior VP of WorldWide Marketing Apple Philip W. Schiller memperkenalkan varian warna hitam pekat dan hitam glossy yang disebutnya sebagai“Black”. Varian warna ini merupakan satu dari lima model lama seperti Gold, Silver, dan Rose Gold.

Sementara dari segi desain memang tidak jauh berbeda dengan iPhone 6s dan 6s Plus, selain keputusan Apple mendepak garis antena di sisi belakang. Sementara di bagian depan, tombol “Home” dibuat menjadi lebih kuat dan sensitif berkat Taptic Engine yang sebelumnya sudah dipakai pada laptop MacBook.

Menghilangkan Jack Audio

Keputusan menghilangkan jack audio terhitung kontroversial. Alih-alih mempertahankanjack audio 3,5mm, Port Lighting di iPhone 7 dan 7 Plus justru bisa dipakai juga untuk menghubungkan dongle untuk memasang EarPod.

Sebuah teknologi speaker terbaru dengan dynamic range di bagian atas dan bawah ponsel diklaim mampu menghasilkan suara yang lebih bombastis.

Sensor infra merah akan mendeteksi ketika Earpod terpasang di telinga, sementara sensor gerak ditujukan untuk mendeteksi saat pengguna melakukan perintah suara seperti mengoperasikan Siri. Selain bisa dipakai dengan iPhone 7, EarPod juga kompatibel dengan jam tangan pintar Apple, laptop MacBook, dan iPad.

Dalam kondisi terisi penuh, baterai EarPod diklaim mampu bertahan selama 24 jam dengan pemakaian maksimal 5 jam. Menariknya, pengguna headphone jenis lama juga bisa memakai iPhone 7 dengan bantuan sebuah adaptor khusus untuk menghubungkan perangkat dan headphone.

Dual Kamera Superior

Apple meningkatkan kemampuan kamera saat membidik objek di kondisi minim cahaya namun hasil foto lebih tajam.

Dibanding generasi sebelumnya, peningkatan fitur kamera terasa signifikan dengan bukaan kamera mencapai f1/8, empat LED memberi pencahayaan 50 persen lebih tinggi, kemampuan merekam video teknologi 4K dengan resolusi 12 MP.

Kamera belakang iPhone 7 juga telah menggunakan machine learning yang bertujuan membaca layar dan mengatur fokus, cahaya, hingga warna. Keunggulan lainnya yakni sebuah teknologi yang mampu memberikan efek bokeh layaknya jepretan kamera profesional.

Dengan sensor besar, iPhone 7 memastikan bisa membidik objek 60 persen lebih cepat dengan 30 persen penggunaan baterai yang lebih irit. Peningkatan juga ditemui pada kamera depan yang kini menggunakan sensor 7 megapiksel.

Performa

Kedua varian terbaru iPhone ini telah menggunakan CPU 4 inti 64-bit A10 Fusion yang diklaim 40 persen lebih irit dibanding generasi sebelumnya. Selain lebih irit, A10 juga memiliki performa dua kali lebih baik dan 40 persen lebih bertenaga dari iPhone 6s sehingga diklaim sebagai chipset paling bertenaga untuk sebuah ponsel.

Tahan Air

Meski terlambat dibanding kompetitor seperti Samsung dan Sony, akhirnya Apple menyertakan sertifikasi IP67 pada iPhone terbarunya. Hal ini menjadikan iPhone 7 bisa dibawa ke kedalaman hingga 1 meter selama 30 menit.

Daya Tahan Baterai

Dibandingkan generasi sebelumnya, kedua varian baru ini memiliki daya tahan baterai paling lama, meski secara rata-rata hanya dua jam lebih lama dibanding iPhone 6s dan sejam lebih lama dibanding iPhone 6s Plus.

Saat terhubung dengan WiFi, iPhone 7 bisa bertahan selama 14 jam dan 12 jam di jaringan 4G. Sementara iPhone 7 Plus bertahan hingga 15 jam saat terhubung WiFi dan 15 jam di jaringan LTE