free html hit counter

Fadjroel Usul Bang Buyung jadi Pahlawan Nasional dan Dimakamkan di TMP

BeritaBintang – Fadjroel Rahman, mantan relawan Jokowi-Jusuf Kalla yang kini ditunjuk sebagai Komisaris Utama PT Adhi Karya, meminta Presiden Joko Widodo memberikan gelar pahlawan nasional kepada almarhum Adnan Buyung Nasution.

“Alangkah baiknya jika Presiden memberikan gelar pahlawan nasional kepada Bang Buyung dan mempersilakan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan,” ujar Fadjroel usai melayat Adnan di rumah duka, Jakarta, Rabu (23/9/2015).

Dasarnya, menurut Fadjroel, adalah perjuangan Buyung dalam hal reformasi, demokrasi, hak asasi manusia dan penegakan hukum di Indonesia semasa ia hidup.

Fadjroel yakin tidak ada yang menolak pemberian gelar pahlawan nasional itu.

Fadjroel menambahkan, presiden bisa dengan cepat memberikan gelar pahlawan.

Fadjroel merujuk sejarah pada era orde lama ketika Presiden Soekarno memberi gelar pahlawan nasional ke Sutan Sjahrir beberapa waktu usai Sjahrir meninggal dunia di Swiss.

Fadjroel pun mengaku telah mewacanakan hal tersebut ke orang dekat presiden. Dia tidak menyebut siapa orang dekat yang dimaksud.

“Sudah saya sampaikan ke beberapa orang di dekat Jokowi. Negara ini tidak akan rugi hanya memberi beberapa meter di tempat makam pahlawan dan memberikan gelar pahlawan ke Bang Buyung. Ia adalah lokomotif demokrasi,” ujar Fadjroel.