free html hit counter

Euforia Wisatawan Dunia di Momen Pelepasan Lapion Candi Borobudur

BeritaBintang –   MOMENTUM Waisak di 2016 diwarnai dengan pelepasan lampion. Berbagai wisatawan dari seluruh negara ikut serta bersatu melepas lampion di Candi Borobudur.

Sebelum melepas lampion, terlebih dahulu dilakukan ceremoni pembukaan perayaan Waisak 2560/2016 yang dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Tak ketinggalan, hadir pula Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi serta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Selepas pembukaan, seluruh wisatawan domestik dan mancanegara langsung bergegas untuk melihat pelepasan lampion. Bila biasanya, pelepasan lampion diadakan di pelataran Candi Borobudur. Untuk di 2016, pelepasan lampion tak disatukan dengan momen berdoa.

Untuk pelepasan lampion ditempatkan tak jauh dari kandang Gajah, sedangkan untuk momen berdoa di perayaan Waisak dilakukan di pelataran Candi Borobudur. Meski, dibuat terpisah tak membuat wisatawan ingin larut dalam pelepasan Lampion.

Pantauan BintangBola.Co melihat beberapa wisatawan tampak mengeluh, pasalnya informasi dari Walubi selaku penyelenggara belum dilakukan dengan baik. Terlebih, soal pelepasan lampion.

“Seharusnya diberikan papan penunjuk agar wisatawan yang datang kesini tidak kebingungan, apalagi tempat berdoa dan pelepasan lampion berbeda tempat,” jelas Rina Wisatawan asal Kalimantan kepada Panduan Bermain Judi Online di Candi Borobudur, Minggu (22/5/2016).

Meski demikian, pelepasan lampion tetap dilakukan dengan baik. Apalagi sebelum lampion dilepas, dari kejauhan sudah terlihat lilin-lilin yang menerangi Candi Borobudur.

Ternyata, antusias melepas lampion tak sebatas dinantikan oleh wisatawan domestik saja, melainkan dari seluruh dunia sangat antusias. Sebut Saja, Amerika, Jerman, Rusia, Singapura, Belgia, Malaysia, Thailand, Tiongkok, Vietnam, Laos, Myanmar, Brasil, Argentina, Meksiko, Belanda, Inggris, Afrika Selatan, Prancis, Italia, Filipina, Ukrania, dan sebagainya.

Sementara untuk wisatawan domestik, dari Indonesia bagian barat hingga Timur juga memenuhi Candi Borobudur. Mulai dari Aceh, Padang, Palembang, Bengkulu, Semarang, Yogyakarta, Bali, Surabaya, Balikpapan, Pontianak, Samarinda, Banjarmasin, Makassar, Manado, Palu, Kendari, Hingga Irian Jaya sekaligus.

Sebelum melepas lampion, wisatawan bisa menuliskan keinginan yang akan ditempel di lampion sehingga apa yang diinginkan bisa tercapai.

“Indah sekali, ini momen yang berharga buat saya. Apalagi, momen pelepasan lampion sudah saya nantikan sejak tiga tahun dan baru kesampaian sekarang. Bahagia sekali,” tukas Emilia wisatawan asal Amerika.