free html hit counter

Erotisisme Christian Grey Bersaing dengan Gadis Tomboi

BeritaBintang – E.L. James kini bersaing dengan Harper Lee. Novel baru mereka keluar dalam waktu berdekatan. Grey, cerita Fifty Shades of Grey versi pria rilis hari ini, Kamis (18/6). Sementara novel ke-dua Lee, Go Set a Watchman akan rilis pada 14 Juli mendatang.

Sejak sebelum rilis, Grey sudah laris dipesan penggemar. Tak heran jika kemudian naskah itu dicuri. Diberitakan Time, penggemar juga langsung menyerbu Kindle pada Rabu (17/6) malam. Buku itu langsung jadi terlaris 2015.

Menurut data Kindle, Grey melesat menjadi buku elektronik dengan pre-order terlaris tahun ini. Sementara Go Set a Watchman, buku Lee yang dirilis puluhan tahun sejak ia tenar lewat To Kill a Mockingbird pada 1960, menjadi buku cetak dengan pre-order terlaris 2015.

Ada beberapa alasan mengapa Grey lebih laris secara online. Buku pertamanya, Fifty Shades of Grey sendiri mengawali rilis dari internet. James sang penulis mulanya hanya membuat versi fan fiction dari Twilight. Namun ceritanya kemudian disukai dan akhirnya diterbitkan.

Dengan membaca buku elektronik, penggemar juga tak perlu khawatir dipandang sebelah mata oleh orang lain. Mereka bisa membaca dengan bebas di depan publik, tanpa perlu memamerkan apa yang sebenarnya mereka baca. Sebagian mungkin merasa malu membaca buku versi cetak.

Sebab, buku itu terkenal mengisahkan percintaan erotis antara pengusaha kaya dengan seorang mahasiswa tingkat akhir sastra. Tidak semua masyarakat berpandangan terbuka soal buku itu. Ada yang berpikiran Fifty Shades of Grey melecehkan kaum perempuan.

Sementara pesaing GreyGo Set a Watchman lebih diminati versi cetak karena kebanyakan penggemar merupakan pembaca karya Lee terdahulu, To Kill a Mockingbird. Mereka kebanyakan generasi lanjut yang lebih nyaman membaca versi cetak ketimbang elektronik.

Novel itu dirilis diiringi debat. Ada beberapa kalangan yang menganggap penerbit memaksa Lee, yang kini berusia 88 tahun, merilis naskah lamanya itu. Pantas jika ada jeda waktu sampai 20 tahun antara penerbitan buku pertama dan ke-dua. Go Set a Watchman tetap tentang karakter Scout dan Atticus Finch. Scout merupakan gadis cilik tomboi yang dipenuhi rasa ingin tahu, putri Atticus.

Sedangkan Grey, yang disebut-sebut sebagai versi pria Fifty Shades of Grey, merupakan cerita percintaan erotis Christian Grey dan Anastasia Steele dari sisi sang miliuner. Buku itu dibuat James berdasarkan permintaan penggemar yang merasa Christian misterius.

Buku pertamanya, Fifty Shades of Grey terjual lebih dari 125 kopi di seluruh dunia. Filmnya yang dibintangi Jamie Dornan dan Dakota Johnson juga laris manis di banyak negara.